Dari gerhana matahari total hingga Nyepi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dari gerhana matahari total hingga Nyepi

ANTARA FOTO

Berita pilihan redaksi Rappler Kamis, 10 Maret: mulai dari penampakan gerhana matahari total di berbagai kota, hingga perayaan Nyepi

Gerhana matahari muncul di langit Indonesia pada Rabu pagi, 9 Maret. Jutaan warga di tanah air jadi saksi fenomena alam yang hanya terjadi setiap ratusan tahun sekali di tempat yang sama itu.

Lalu seperti apa penampakan gerhana matahari di berbagai kota? Simak selengkapnya di sini.

Gerhana Matahari Total di Palembang tertutup asap, turis pasrah 

Ribuan warga dan turis berkumpul di atas Jembatan Ampera, Palembang, Sumatera Selatan pada Rabu pagi, 9 Maret, untuk menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Total (GMT).

Sejak matahari terbit sekitar pukul 6:00 WIB, langit di arah timur Palembang terlihat tertutup awan hitam. Ternyata awan hitam tersebut bersumber dari plant pabrik Pupuk Swijaya yang berada di sisi hulu Sungai Musi, sebelah Timur Laut Kota Palembang.

Akibatnya, gerhana matahari sebagian hanya nampak selama beberapa saat, sedangkan proses menuju gerhana matahari total sama sekali tak terlihat. Selengkapnya baca di sini.

Meski Nyepi, warga Bali amati gerhana matahari

Meski tengah merayakan Nyepi, warga Pulau Bali tetap menyaksikan gerhana matahari total yang terjadi pada Rabu pagi, 9 Maret.

Dan umat Hindu Bali merasa Nyepi 2016 ini istimewa karena pergantian tahun baru Caka 1938 ini bertepatan dengan gerhana matahari.

Warga Bali memang tidak menikmati gerhana matahari total seperti di Palu, Sulawesi Tengah atau Ternate di Maluku Utara, tetapi mereka tetap antusias untuk menyaksikannya. Baca selengkapnya di sini.

Longsor di Villa Kota Bunga, dua orang dilaporkan tewas

Dua warga dilaporkan tewas tertimbun longsoran tanah di Villa Kota Bunga, Cianjur, Jawa barat, Rabu, 9 Maret. Sementara itu, satu warga lainnya hilang dan tujuh luka-luka. 

Kejadian nahas ini bermula sekitar pukul 00:00 WIB. Longsor pertama terjadi di Villa Kota Bunga, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Tebing yang berada di dekat hotel longsor dan menimpa bagian lobil hotel di lantai bawah, serta merobohkan bangunan lantai di atasnya. Baca selengkapnya di sini.

Dialog antar agama: Perempuan bangun persaudaraan tanpa sekat

Acara dialog perempuan Muslim-Katolik dihelat di Paroki Kristus Raja Ungaran, Semarang, Jawa Tengah diadakan pertama kali pada Rabu, 9 Maret.

Acara dialog diikuti oleh ratusan perempuan Muslim, Kristen, dan Katolik. Selain bernyanyi bersama, peserta dialog juga mengunjungi Masjid Jami Ungaran. Baca selengkapnya di sini.

-Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!