Zaskia Gotik meminta maaf karena telah melecehkan Pancasila

Santi Dewi

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Zaskia Gotik meminta maaf karena telah melecehkan Pancasila

ANTARA FOTO

Zaskia berupaya menebus kesalahannya dengan bersedia ditunjuk jadi Duta Pancasila dan meneruskan jenjang pendidikannya.

JAKARTA, Indonesia – Pedangdut Zaskia Gotik kembali meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas insiden pelecehan Pancasila di program Dahsyat yang tayang di stasiun televisi RCTI pertengahan Maret lalu. Kali ini permintaan maaf disampaikan mantan tunangan Vicky Prasetyo tersebut ketika bertemu Rachmawati Soekarnoputri pada Kamis, 14 April, di Universitas Bung Karno (UBK), Jakarta Pusat.

“Kepada seluruh anak Bangsa Indonesia, atas nama Zaskia, saya memohon maaf atas kekhilafan dan kebodohan saya. Semoga anak Indonesia bisa lebih memperhatikan Pancasila dan belajar menghargai Pancasila. Jangan sampai terkecoh dan mengulangi lagi (kesalahan yang sama) seperti saya,” ujar Zaskia yang disaksikan sahabatnya, Julia Perez dan Rachmawati Soekarnoputri.

Penyanyi berusia 25 tahun itu berjanji tidak akan mengulangi lagi kesalahan yang sama. “Saya akan belajar pelan-pelan untuk memahami Pancasila,” katanya lagi.

Zaskia dan Julia datang ke UBK setelah Rachmawati mengancam akan mengirimkan somasi ke Kementerian Pertahanan karena telah menobatkan Zaskia sebagai dokter Klinik Pancasila. Namun, sebelum somasi itu terealisasi, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu telah mengklarifikasi dan membantah pernah menobatkan Zaskia sebagai dokter Klinik Pancasila.

“Saya waktu itu spontan dan (menurut saya) anomali. Seseorang yang enggak ngerti (Pancasila) ko tiba-tiba malah dikukuhkan menjadi dokter, sementara dia ini kan mengaku sebagai pasien,” tutur perempuan yang menjadi Ketua Yayasan Soekarno itu.

Lalu, bagaimana respons Rachmawati atas permintaan maaf pelantun lagu “Satu Jam Saja” itu?

Dia menyambut baik permintaan maaf itu dan mendorong agar kaum muda Indonesia tidak meniru perbuatan yang sama.

“Saya juga meminta agar proses hukum sebelumnya dijalani sesuai prosedur, karena tidak ada kewenangan siapa pun yang dapat menghentikan proses hukum,” tutur Rachmawati.

Untuk memahami Pancasila lebih baik lagi, Rachmawati memberikan Zaskia Gotik dua buku. Salah satunya berisi awal mula pidato Bung Karno pada saat hari lahir Pancasila 1 Juni.

“Ini harus belajar dulu. Harus tahu maknanya apa itu Pancasila, sementara menghafal sila ke sila sudah pasti,” kata Rachmawati.

Ikut kejar paket C

Sementara itu, Zaskia menyebut saat ini sedang mempelajari lebih dalam mengenai Pancasila dan lambang di masing-masing sila. Dia juga tengah mengambil program kejar paket B dan C.

Namun, pedangdut itu memilih bungkam ketika ditanya mengenai isi kelima sila di dalam Pancasila.

“Kalau nanya sama Zaskia dan ditekan ini itu, saat ini bukan waktu yang tepat. Kehadiran kami di sini karena ingin silahturahmi sama Ibu, karena kebetulan kangen dengan Beliau,” ujar Julia membela Zaskia.

Menurut Julia, kini Zaskia sudah bisa mengambil hikmah penting dari kejadian tersebut. Zaskia pun saat ini menyadari untuk berkarir di dunia hiburan, tidak hanya membutuhkan paras yang cantik tetapi juga harus ditunjang pendidikan mumpuni.

“Apa yang sudah terjadi ke depan akan jadi pembelajaran untuk saya dan kita semua,” tutur Zaskia.

Ditunjuk jadi Duta Pancasila

Ketua Fraksi PKB di MPR Abdul Karding (kiri) menyerahkan piagam kepada Zaskia Gotik di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, pada 7 April 2016. Foto oleh Puspa Perwitasari/ANTARA

Pasca insiden pelecehan lambang negara itu, Zaskia justru ditunjuk oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk menjadi Duta Pancasila dan menyosialisasikan maknanya. Ketua Fraksi PKB di MPR, Abdul Kadir Karding, mengatakan penunjukkan itu adalah sebuah bentuk hukuman bagi Zaskia.

“Inti menghukum itu mendidik. Kalau orang bersalah dibuat lebih baik, mengapa tidak?” ujar Abdul pada Sabtu, 9 April.

Ide penunjukkan Zaskia menjadi Duta Pancasila ini didukung penuh oleh Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid.

“Tentu, ini menjadi sebuah terobosan yang menarik dan bisa menjadi ruang bagi Zaskia Gotik agar bisa memperbaiki diri,” kata dia di Gedung DPR pada Jumat, 8 April.

Tetapi, sejak tersandung kasus pelecehan lambang negara, Zaskia sering menghadiri acara yang diselenggarakan pemerintah. Sebelumnya, Zaskia juga mengikuti pelatihan kepemimpinan yang dihelat oleh Kementerian Pertahanan.

Rencananya pada Jumat, 15 April, Zaskia ikut diundang oleh TNI Angkatan Udara di Bandara Halim Perdanakusuma. Zaskia akan didaulat membacakan Pancasila dalam acara tersebut. – Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!