Review My Blue Bird: Langkah cermat Taksi Biru mengejar ketinggalan

Aditya Hadi Pratama

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Review My Blue Bird: Langkah cermat Taksi Biru mengejar ketinggalan

ANTARA

Pengguna taksi baru bisa menggunakan pembayaran tunai menggunakan aplikasi My Blue Bird ini

 

JAKARTA, Indonesia — Untuk memberi kemudahan kepada para penggunanya, perusahaan taksi PT Blue Bird telah menyediakan aplikasi mobile untuk pemesanan armada mereka sejak 2011. 

Demi bisa bersaing dengan transportasi lain yang juga bisa dipesan lewat aplikasi mobile, pada 19 Mei 2016, perusahaan itu meluncurkan pembaruan terhadap aplikasi yang bernama My Blue Bird.

Selain tampilan yang jauh lebih baik, aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, seperti kemampuan menampilkan taksi yang berada di suatu lokasi dan sistem penilaian untuk pengemudi.

Aplikasi My Blue Bird kini sudah bisa digunakan di kota Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, dan Medan.

Baru bisa menggunakan pembayaran tunai 

Tampilan pendaftaran aplikasi My Blue Bird

Sebelum menggunakan aplikasi My Blue Bird, kamu harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran dengan memasukkan nama, e-mail, dan nomor telepon. Setelah itu masukkan pilihan pembayaran. Sayangnya, saat ini My Blue Bird baru menyediakan pembayaran menggunakan uang tunai dan eVoucher.

“Dalam update berikutnya, kami akan menambahkan pilihan pembayaran non-tunai seperti kartu kredit,” ujar Sigit P. Djokosoetono, Direktur PT. Blue Bird, dalam acara peluncuran aplikasi My Blue Bird, pekan lalu.

Mengutamakan privasi pengguna 

Tampilan pemesanan aplikasi My Blue Bird.

Setelah melakukan pendaftaran, kamu bisa langsung melakukan pemesanan dengan menentukan titik jemput yang kamu inginkan. Kamu pun bisa memilih salah satu dari empat jenis kendaraan yang disediakan My Blue Bird, yaitu Blue Bird, Blue Bird Van, Silver Bird, atau Silver Bird Van.

Setelah itu, kamu bisa memilih untuk memasukkan lokasi tujuan atau tidak. Apabila kamu memutuskan untuk memberikan lokasi yang kamu tuju, aplikasi My Blue Bird akan langsung menampilkan perkiraan harga yang harus kamu bayar.

Apabila tidak ingin taksi yang kamu pesan datang saat ini, kamu juga bisa menentukan waktu penjemputan di lain waktu. Sayangnya, My Blue Bird hanya menyediakan pilihan penjemputan untuk hari ini dan esok hari.

Berbeda dengan aplikasi transportasi lain, dengan My Blue Bird kamu bisa melakukan pemesanan kedua, ketiga, dan seterusnya, meski taksi yang pertama kali kamu pesan belum tiba. 

My Blue Bird juga menyediakan fitur untuk menelepon pengendara taksi yang kamu pesan, namun sang pengendara tidak akan bisa mengetahui nomor telepon kamu.

Dikembangkan oleh tim internal dan eksternal 

Kiri ke kanan: Kezia Warouw (Puteri Indonesia 2016), Sigit P. Djokosoetono (Direktur PT Blue Bird), Triawan Munaf (Kepala BEKRAF), Dee Lestari (penulis), Christian Sugiono (selebriti)

Saat ini, aplikasi My Blue Bird sudah bisa digunakan oleh para pengguna smartphone yang menggunakan sistem operasi Android, iOS, dan Windows Phone. 

Sigit menjelaskan kalau aplikasi tersebut dikembangkan oleh tim internal Blue Bird bersama developer pihak ketiga yang tidak mau disebutkan namanya.

“Kami adalah perusahaan transportasi yang sedang belajar mengembangkan teknologi. Karena itu kami butuh bantuan dari pihak-pihak lain,” tutur Sigit.

Tarif lebih mahal dibanding aplikasi serupa 

Perbandingan harga My Blue Bird dengan aplikasi lain.

Bila dibandingkan dengan aplikasi pemesanan transportasi lain yang juga menggunakan perhitungan argo, My Blue Bird memberikan tarif yang lebih mahal. 

Untuk jarak sekitar 24 kilometer, My Blue Bird memberikan perkiraan harga Rp 126.000 hingga Rp 145.000, sedangkan GrabTaxi menampilkan tarif antara Rp 91.000 sampai Rp 136.500.

Sebagai perbandingan, dengan jarak yang sama, Uber memberikan perkiraan tarif mulai dari Rp 93.500 untuk layanan uberX, dan Rp 70.125 untuk layanan uberPOOL. —Rappler.com

Tulisan ini sebelumnya diterbitkan di Tech in Asia.

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!