Berita hari ini: Senin, 6 Juni 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Senin, 6 Juni 2016

EPA

Pantau terus laman ini untuk mengetahui berita pilihan redaksi pada Senin, 6 Juni 2016.

Indonesia wRap: Senin, 6 Juni 2016

Dari hari pertama Ramadhan hingga saran Gubernur DKI untuk Teman Ahok 

Senin menjadi hari pertama umat Muslim di seluruh dunia memulai ibadah puasa. Dalam perayaan Ramadan tahun ini, Rappler Indonesia memilih tema Green Ramadan sebagai bentuk kontribusi terhadap lingkungan sambil berpuasa. Apa saja hal nyata yang dapat dilakukan untuk membuat lingkungan lebih baik selama di bulan Ramadan?

Sementara, Gubernur DKI Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama meminta kepada para pendukungnya di organisasi Teman Ahok untuk mematuhi aturan ada. Himbauan itu disampaikan Ahok pasca pencekalan dua pendiri Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas dan Richard  Richard Handris Saerang pada Senin, 4 Juni. Bagi Ahok, sebelum meminta orang untuk mendukungnya, maka pihak relawan Ahok justru harus lebih dulu menaati aturan yang berlaku. 

Simak videonya berikut: 

 

Pertamina adakan program ‘Membaca 1 Juz Al-Qur’an gratis 2 liter Pertamax’

 

PT Pertamina mengajak umat Muslim untuk lebih giat meningkatkan ibadahnya selama bulan Ramadan. Salah satunya dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an.

Pertamina akan memberikan BBM jenis Pertamax sebanyak 2 liter kepada warga di Ngawi, Jawa Timur, yang bisa membaca 1 juz Al-Qur’an.

“Hal tersebut terkait dengan imbauan Pemda setempat selama bulan suci Ramadan dengan kegiatan Ngawi Mengaji, di mana semua elemen masyarakat diminta berpartisipasi,” kata VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro.

Hal ini berlaku selama Ramadan 2016 sejak pukul 06:00 WIB hingga 18:00 WIB setiap harinya.

“Sejauh pantauan kami di Ngawi ada 3 SPBU yang berpartisipasi. sebagai inisiatif pengusaha SPBU terkait guna mendukung kegiatan Ngawi Mengaji dan bersifat terlokalisir di area terkait,” kata Wianda. Selengkapnya di Detik.com.

Ahmad Dhani datangi Polda Metro Jaya, protes mobilnya disita polisi saat demo tentang Ahok

KONTROVERSI. Ahmad Dhani nikahi Mulan Jameela saat ia belum resmi bercerai dari Maia Estianty. Foto dari Instagram/@ahmaddhaniprast

Musisi Ahmad Dhani membantah dirinya berniat untuk menggelar konser di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis pekan lalu, 2 Juni. Ia juga mengatakan bahwa mobil yang disita polisi hanya pengeras suara, bukan alat musik untuk konser.

“Saya enggak ngotot, menurut saya Kapolda dapat informasi salah. Saya tidak ngotot gelar konser musik, saya sudah ditelepon Krishna agar tidak ada pentas oleh karena itu di mobil box saya tidak ada alat musik. Saya hanya membawa pengeras suara,” ujar Dhani, merujuk kepada Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Krishna Murti.

Sebelumnya, polisi mengamankan tiga unit mobil yang digunakan untuk melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung KPK. Aksi tersebut digagas oleh Aliansi Gerakan Selamatkan Jakarta. Mereka meminta Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama diadili atas dugaan korupsi pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras. Selengkapnya di Kompas.com.

Jam kerja PNS DKI selama Ramadhan dipotong 2,5 jam 

JAM KERJA RAMADHAN. Selama bulan Ramadhan, pegawai yang bekerja di Pemprov DKI memiliki jam kerja lebih pendek yakni pukul 07:30 hingga 14:30. Foto oleh Jojon/ANTARA

Pemprov DKI mengeluarkan aturan terkait jam kerja bagi PNS selama bulan Ramadhan. Sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur DKI yang ditandatangani tanggal 31 Mei lalu, selama bulan Ramadhan PNS masuk mulai pukul 07:00 hingga 14:30 WIB. 

Ada juga opsi lainnya yaitu mereka bisa masuk kerja dari pukul 07:30 hingga 14:30. 

“Peraturan resmi sudah ditandatangani,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Agus Suradika yang dihubungi melalui telepon. 

Sementara, untuk jam kerja guru atau penjaga sekolah diserahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan. Gubernur DKI, Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama menyebut tidak ingin memundurkan jam kerja menjadi pukul 08:00. Menurut pengakuan rekannya yang Muslim, mereka justru lebih nyaman jika bekerja pagi di bulan Ramadhan. 

“Kalau pengalaman saya dan teman-teman saya yang Muslim, justru lebih siap kalau ke kantor itu di pagi hari. Jadi, setelah sahur terus mandi dan ke kantor,” kata Ahok. Selengkapnya di Liputan6.com

Waspada banjir rob pesisir pantai utara Jakarta

Dua mobil milik warga terendam banjir yang menggenangi kawasan Perumahan Pantai Mutiara, Jakarta, pada 4 Juni 2016. Foto oleh Reno Esnir/Antara

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta memperingatkan agar warga di wilayah pesisir pantai utara Jakarta mewaspadai banjir rob akibat laut pasang.

Berdasarkan data yang dikutip dari situs resmi BPBD DKI, di Jakarta, Minggu, tinggi muka air di Pintu Air Pasar Ikan setinggi 230 centimeter atau dalam kondisi siaga II per 23:00 WIB.

Kondisi tinggi muka air tersebut mencapai titik yang hampir sama saat tanggul di Muara Angke jebol yang menyebabkan banjir rob di wilayah sekitarnya. Tinggi muka air saat tanggul jebol mencapai 248 centimeter.

Sejumlah wilayah mulai terendam air akibat tinggi muka air yang disebabkan laut pasang tersebut. Wilayah Marunda, Kecamatan Cilincing, terjadi banjir rob dengan ketinggian rendaman air 10-15 centimeter. 

Sementara air laut mulai menembus celah-celah karung pasir yang ditumpuk sebagai tanggul darurat untuk mencegah limpahan air laut di Muara Angke.

Tanggul di Muara Angke sempat jebol pada Sabtu (4/6) malam yang diakibatkan laut pasang dan menggenangi sejumlah pemukiman warga di wilayah tersebut dengan ketinggian hingga 50 centimeter. Selengkapnya di Antara.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!