Coba 4 fitur baru Path agar lebih kekinian

Aditya Hadi Pratama

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Coba 4 fitur baru Path agar lebih kekinian
#PathDaily sukses meramaikan media sosial belakangan ini

 

JAKARTA, Indonesia — Sejak diakuisisi oleh Daum Kakao tahun lalu, aplikasi media sosial Path tak kunjung mengalami perkembangan yang signifikan di Indonesia. 

Dalam ranking media sosial teratas di Google Play, mereka masih kalah pamor dari aplikasi lain seperti Facebook, Instagram, hingga Snapchat.

Seperti berusaha menarik lebih banyak pengguna baru, pada 16 Juni lalu, Path melakukan pembaruan terhadap aplikasi Android mereka. Pembaruan untuk aplikasi iOS pun menyusul pada 20 Juni. 

Dalam pembaruan tersebut, Path menawarkan empat fitur baru yang menarik bagi para pengguna mereka.

Visual Thought 

Cara membuat #PathDaily: Pilih tombol Quote berwarna hijau (kiri), tuliskan quote dengan hashtag #pathdaily (tengah), lalu lihat hasilnya (kanan)

Sebelumnya, kamu sudah bisa mengunggah banyak hal (Moment) di aplikasi Path, mulai dari teks, foto, video, buku yang sedang kamu baca, lagu yang sedang kamu dengarkan, bahkan membuat “pengumuman” ketika kamu baru bangun tidur.

Tak cukup dengan fitur-fitur tersebut, dalam pembaruan terbarunya ini Path pun memungkinkan kamu untuk mengunggah perpaduan gambar dan teks seperti meme.

Untuk melakukan hal tersebut, kamu hanya perlu membuat sebuah quote dengan hashtag #PathDaily. Secara otomatis, Path akan memasukkan quote tersebut ke dalam sebuah gambar yang mereka pilih.

Sayangnya, Path sepertinya memilih gambar tersebut secara acak, sehingga sering kali tidak ada hubungan antara gambar dan isi teks yang dibuat, seperti ini:

Edit Moment 

 

 Salah satu kekurangan Path selama ini adalah tidak adanya fitur edit untuk setiap Moment yang diunggah pengguna. Apabila ada yang perlu diubah, Path menyarankan para pengguna untuk menghapus Moment tersebut dan mengunggah ulang.

Dalam pembaruan kali ini, Path akhirnya menghadirkan fitur edit tersebut. Kamu hanya perlu menekan tanda berbentuk hati yang ada di setiap Moment, dan memilih tombol edit. Kamu kemudian bisa mengubah segala hal, mulai dari teks hingga menambahkan teman yang ingin kamu tag.

Location Photo 

Apabila kamu menekan tag Location dari Moment yang diunggah oleh seorang pengguna Path, maka kamu akan melihat sebuah halaman yang berisi informasi terkait lokasi tersebut. Setelah pembaruan ini, kamu juga bisa melihat foto-foto dari teman kamu yang pernah berada di lokasi itu.

Profile URL

Fitur terakhir yang dihadirkan Path dalam pembaruan aplikasi kali ini adalah link atau URL khusus untuk akun Path kamu. Apabila kamu membuka tab Moment, kamu akan menemukan link tersebut di bagian atas. Kamu bisa membagikannya kepada teman-teman kamu agar mereka bisa lebih mudah menemukan akun Path kamu.

Fitur Visual Thought atau #PathDaily berhasil meramaikan kembali Path dalam beberapa hari terakhir ini. Menarik untuk ditunggu apakah fenomena ini nantinya akan membuat makin banyak orang tertarik untuk menggunakan Path yang berimbas pada naiknya jumlah pengguna mereka kelak, atau tidak. —Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di Tech in Asia

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!