Netizen bantu jurnalis yang terserang lupus

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Netizen bantu jurnalis yang terserang lupus
Seorang jurnalis media cetak Shahnaz Asnawi Yusuf terserang penyakit Lupus sejak empat bulan terakhir

JAKARTA, Indonesia — Lebih dari 90 donatur telah menyumbangkan dana sejumlah lebih dari 24 juta rupiah untuk mmebantu kesembuhan seorang jurnalis bernama Shahnaz Asnawi Yusuf lewat situs crowdfunding Kitabisa.com.

Bantuan untuk perempuan yang biasa disapa Anas ini dibuat oleh Moyang Kasih Dewimerdeka, sahabat yang juga berprofesi sebagai jurnalis. Dalam lama kampanyenya, Moyang menceritakan awal kisah penyakit yang menceritakan awal mula penyakit sahabatnya.

“Kira-kira Maret lalu, Anas mengeluhkan tubuhnya sering lemas dan terasa sakit di banyak tempat,” tulis Moyang. Namun bagi Moyang yang telah mengenal anas sejak 2008 hal tersebut bukan sesuatu yang aneh. Anas memang kerap mendadak jatuh sakit.

Pada saat itu, Anas sempat berobat dan kesimpulan dokter ia sakit gejala tipus. Namun setelah berobat, rasa sakitnya tak kunjung hilang. Ia terus merasa sakit di bagian dada, batuk-batuk, nyeri di bagian persendian, demam, dan tubuhnya lemas. 

“Awal April, Anas lalu memeriksakan diri ke Rumah Sakit TNI AL Mintoharjo di Bendung Hilir. Diagnosa awalnya adalah hemoglobinopati, turunan thalassemia,” kata Moyang. Namun setelah keluar dari rumah sakit, kondisi Anas tak kunjung membaik.

Sejak saat itu, Anas mulai mencari tahu lebih lanjut tentang penyakit yang dideritanya. Ia telah menghabiskan banyak sekali dana untuk menjalani prosedur tes yang berbeda-beda.

“Setidaknya selama empat bulan ini, biaya yang harus dikeluarkan sudah hampir Rp 30 juta,” tulis Moyang dan mengatakan bahwa biaya tersebut hanya untuk memastikan diagnosa penyakitnya.

Akhirnya pada Sabtu, 9 Juli, tim dokter menyimpulkan bahwa Anas terserang penyakit Lupus. Penyakit ini menyerang berbagai organ di dalam tubuh dan makin berbahaya bila penderitanya juga menderita penyakit lain seperti TBC.

Moyang mengenal sosok Anas sebagai sahabat yang tidak suka merepotkan orang lain. Ia dan sahabat-sahabat Anas lainnya merasa sedih saat mengetahui kondisi sahabatnya tersebut sudah kian parah.

“Saya dan sahabat-sahabat Anas lain tak ingin membiarkan dia menghadapi semua ini sendiri,” akhirnya Moyang pun membuka laman donasi untuk biaya pengobatan penyakit Lupus yang diderita Anas.

Jika ingin ikut meringankan beban jurnalis yang juga mahir bermain biola tersebut, silahkan kirimkan donasi melalui situs Kitabisa.com. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!