Berita hari ini: Selasa, 12 Juli 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Selasa, 12 Juli 2016
Pantau terus laman ini untuk mengetahui berita pilihan redaksi Rappler pada Selasa, 12 Juli 2016.

Indonesia wRap: Selasa, 12 Juli 2016

Dari Polisi Solo tetapkan pelaku bom bunuh diri hingga tindak kekerasan terhadap kembali terulang

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono memastikan menyimpulkan pelaku tunggal bom bunuh diri di Mapolresta Surakarta yang terjadi pada Selasa, 5 Juli adalah Nur Rohman, laki-laki berusia 30 tahun warga Kelurahan Sangkrah, Solo. Kepastian itu diperoleh dari hasil investigasi dengan melakukan pengambilan sampel DNA pelaku dan kedua anak biologisnya.

Apa yang menyebabkan polisi akhirnya menghentikan kasus bom di Mapolresta Solo ini?

Sementara, kasus kekerasan terhadap anak masih terus terjadi kendati Presiden Joko “Jokowi” Widodo sudah mengesahkan Perppu kebiri pada tanggal 25 Mei. Seorang anak perempuan berusia 5 tahun ditemukan terbunuh pada Minggu, 10 Juli.

Anak yang diketahui berinisial NNA sempat dilaporkan menghilang sebelum akhirnya ditemukan tidak bernyawa. Siapa pelaku yang dengan keji membunuh NNA?

Simak rangkuman beritanya dalam video berikut:

 

Paduan suara Universitas Atma Jaya Yogyakarta rebut 3 medali di Rusia

Kelompok Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UKM PSM UAJY) menjadi juara dalam ajang World Choir Games 2016 di Sochi, Rusia.

“Kami sangat bangga karena dalam partisipasi pertama ini, kami telah meraih 2 medali emas dan 1 perak dalam 3 kategori yang diikuti: Mixed Youth Choirs dan Scenic Folkore Choirs, serta Scenic Pop/Show Choirs,” kata Ketua UKM PSM UAJY Alfredo Wujon, seperti dikutip dari situs resmi UAJY.

World Choir Games (WCG) diselenggarakan oleh Interkultur sejak 2000. WCG 2016 diikuti oleh 283 tim dari 76 negara. Dari Indonesia ada empat tim yang mewakili masing-masing PSM UAJY dari Yogyakarta, dua dari Makasar, dan satu dari Papua.

PSM UAJY mendapat undangan untuk mengikuti Championship Competition karena telah menjadi pemenang berbagai kompetisi internasional, seperti Vietnam International Choir Competition pada 2012, “Sing ‘N Joy” Manila 2013 Phillipines International Choir Competition ,dan Asian Arts Festival 2014 “Breaking Boundaries” di Singapura pada 2014.

Hadar Nafis Gumay jadi Plt Ketua KPU, siapa pengganti almarhum Husni Kamil Manik?

Hadar Nafis Gumay ditetapkan sebagai Plt Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa, menyusul wafatnya Ketua KPU Husni Kamil Manik pekan lalu.

KPU sendiri akan segera menetapkan pengganti ketua komisi Husni Kamil Manik yang meninggal dunia pekan lalu. Menurut Tempo.co, jika merujuk pada peraturan yang berlaku, maka dosen Bagian Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Hasyim Asy’ari, yang akan terpilih.

Pasalnya, Hasyim adalah peraih peringat ke-8 dalam fit and proper test calon komisioner KPU periode 2012-2017. Sebelumnya, pada 2012 lalu, Komisi II DPR RI memilih tujuh komisioner KPU periode 2012-2017 dengan perolehan suara sebagai berikut:

  • Sigit Pamungkas (45 suara)
  • Ida Budiati (45) 
  • Arief Budiman (43)
  • Husni Kamil Manik (39)
  • Ferry Kurnia (35)
  • Hadar Nafis Gumay (35)
  • Juri Ardiantoro (34)

Sedangkan 7 calon lain yang bisa menggantikan jika anggota KPU berhalangan adalah:

  • Hasyim Asyari (32)
  • Ari Darmastuti (31)
  • Enny Urbaningsih (23)
  • Muhammad Najib (3)
  • Zainal Abidin (1)
  • Mohammad Adhy Syahputra Aman (1)
  • Evie Aridne Shinta Dewi (0)

Hasyim sebelumnya menjabat Sekretaris Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) untuk Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Ia juga pernah menjadi anggota KPUD Jawa Tengah periode 2003-2008.

Ratusan buku nikah hilang dari Kantor Kementerian Agama Bengkulu

Pada saat umat Islam di tanah air merayakan hari kemenangan Idulfitri, dua pencuri mengambil ratusan buku nikah dari Kantor Kementerian Agama Bengkulu pada Rabu, 6 Juli, lalu.

“Sudah terpantau semua melalui kamera CCTV di Kantor Kementerian Agama. Diduga dua orang pencurinya,” kata Kapolres Mukomuko, AKBP Sigit Ismanto, di Mukomuko, Bengkulu pada Senin, 11 Juli.

Sekitar 800 buku nikah, termasuk  500 buku nikah yang kadaluwarsa, dilaporkan hilang dari  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko.

Kepolisian setempat sedang berusaha mencari tahu identitas kedua pencuri. Baca berita selengkapnya di Antaranews.com.

Pemerintah harus pastikan petani di pedesaan punya lahan

Foto oleh Antara.

Pemerintah harus mengatur kepemilikan lahan pertanian dan hutan di pedesaan untuk mencegah urbanisasi, kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)  Saleh Partaonan Daulay pada Selasa, 12 Juli.

“Banyak orang desa pindah ke kota karena tidak lagi memiliki lahan pertanian. Selain distribusi dan pemerataan pembangunan yang berkeadilan, kebijakan terkait kepemilikan tanah di pedesaan juga dapat menekan urbanisasi,” kata anggota Komisi IX DPR  dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Dia juga mengatakan banyak lahan hutan beralih fungsi menjadi kebun-kebun sawit milik pemodal dari luar wilayah tersebut.

“Mereka (masyarakat pedesaan) hanya bisa menjadi penonton di kampungnya sendiri. Paling tinggi mereka menjadi buruh di kebun milik orang kota,” tuturnya. Baca berita selengkapnya di Antaranews.com.

Mudik macet parah, Menhub Jonan tolak mundur

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memeriksa kelayakan jalan bus AKAP saat melakukan inspeksi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, pada 24 Juni 2016. Foto oleh Akbar Nugroho Gumay/Antara  

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menolak mengundurkan diri dari jabatannya setelah kemacetan parah yang terjadi di pintu Jalan Tol Brebes, Jawa Tengah, saat musim mudik Lebaran. Kejadian itu menewaskan belasan orang dalam kemacetan.

“Hanya orang tolol yang nyuruh mundur gara-gara itu,” kata Jonan, Senin.

Menurutnya, kemacetan tersebut juga menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, bukan hanya Kementerian Perhubungan. Pihaknya, kata Jonan hanya menangani transportasi berbasis udara, kapal berbasis laut, kereta api, serta angkutan umum berbasis jalan raya. 

Sedangkan untuk kemacetan di Brebes, pengaturannya menjadi kewenangan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), yang berada di bawah kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum. Selengkapnya di Tempo.co. 

Pria yang pernah hina Jokowi ditangkap lagi karena culik anak perempuan 10 tahun

M. Arsyad, seorang pria berusia 26 tahun, ditangkap Bareskrim Polri karena menculik anak perempuan berumur 10 tahun di Puncak, Bogor, pada akhir pekan lalu. Ia kemudian ditangkap polisi pada Senin malam, 11 Juli.

“Jadi kami terima laporan ada anak usia 10 tahun diculik, diiming-imingi lah oleh pelaku, kemudian dibawa ke Cilodong, lalu dibawa ke Puncak,” kata Kapolres Depok AKBP Harry Kurniawan, Selasa.

“Di Puncak mau dicabuli dibawa ke hotel. Kemudian korban teriak-teriak nangis, warga curiga sehingga diamankan,” kata Harry. 

Arsyad sebelumnya pernah ditangkap pada November 2014 karena dituduh menghina Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Saat itu ia mengedit foto Jokowi dan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dengan gambar tak senonoh. Namun Jokowi memaafkan dan Arsyad dilepas oleh polisi. Selengkapnya di Detik.com.

Mendikbud resmi larang MOS oleh siswa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan resmi melarang pelaksanaan Masa Orientasi Sekolah (MOS) yang dilakukan oleh kalangan siswa atau pelajar, bahkan yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

“Meski pelaksananya anggota OSIS akan tetap kita larang. Mulai tahun ini harus dilakukan oleh guru atau pengajar,” kata Anies.

Pelarangan ini dilakukan mengingat rawannya terjadi aksi perploncoan atau bullying, bahkan kekerasan yang dilakukan senior terhadap adik kelasnya yang baru masuk sekolah.

Menurutnya, konsep kegiatan pengenalan lingkungan sekolah sudah saatnya harus diubah dengan memutus salah satu masalah utama dalam lingkungan sekolah, yaitu kekerasan. Selengkapnya di Antara.

Indonesia wRap: Senin, 11 Juli

Dari Portugal juara Euro 2016 hingga pemerintah minta maaf soal mudik

Portugal merebut gelar juara Euro 2016 setelah mengalahkan Perancis 1-0 di partai final. Eder menjadi pahlawan Portugal setelah mencetak gol tunggal pada menit 109 di babak kedua perpanjangan waktu.

Ini adalah gelar Euro pertama bagi Portugal. Pada Euro 2004, Portugal sempat mencapai final, namun dikalahkan Yunani. Sedangkan striker Perancis, Antoine Griezmann, menjadi top skorer Euro 2016 dengan 6 gol.

Sementara itu, Menkopolhukam Luhut Pandjaitan meminta maaf atas meninggalnya belasan pemudik saat kemacetan panjang di Brebes, Jawa Tengah. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo juga telah meminta maaf terkait layanan mudik tahun 2016.

Kemacetan belasan kilometer di pintu tol Brebes Timur merenggut korban jiwa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes mengumumkan 17 orang yang meninggal dunia saat mudik lebaran.

—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!