Berita hari ini: Selasa, 16 Agustus 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Selasa, 16 Agustus 2016

EPA

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Selasa, 16 Agustus 2016

Indonesia wRap: Selasa, 16 Agustus 2016

Dari Tontowi/Liliyana ke final Olimpiade hingga isi pidato tahunan Jokowi

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir maju ke final Olimpiade Rio. Di babak final, mereka akan bertemu pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Coh Liu Ling. Akankah bulu tangkis dapat menyumbang emas pertama bagi Indonesia?

Sementara, Presiden Joko “Jokowi” Widodo menyampaikan 3 pidato di Sidang Tahunan MPR 2016. Fokus pemerintah tahun ini yakni percepatan pembangunan nasional.

Jokowi juga menyampaikan rancangan fiskal negara dalam RAPBN 2017, dengan asumsi pertumbuhan ekonomi 2017 sebesar 5,3 persen dan tingkat inflasi 4,0 persen.

Selengkapnya saksikan di video Wrap berikut:


Gayus Tambunan dan Nazaruddin dapat remisi hukuman 6 bulan

Walaupun terbukti beberapa kali berulah dengan kedapatan keluyuran keluar dari lembaga pemasyarakatan, tetapi Kementerian Hukum dan HAM tetap memberikan remisi bagi salah satu terpidana kasus korupsi, Gayus Lumbun Tambunan.

“Gayus, iya dapat remisi kemerdekaan 6 bulan,” ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Jawa Barat, Agus Toyib.

Dia menilai Gayus berhak menerima hak remisi karena masa tahanan yang dijalani sudah melebihi syarat. Padahal, Gayus sudah pernah berulah dengan keluar dari lapas.

“Itu kan sudah lama, tahun lalu. Sementara, penilaian perilaku berlaku setiap 6 bulan. Kalau 6 bulan sudah baik, maka mereka punya hak sehingga Gayus dapat remisi 6 bulan dengan memenuhi persyaratan tertentu,” kata dia.

Selain Gayus, terpidana korupsi yang juga memperoleh remisi adalah Nazaruddin. Selengkapnya baca di merdeka.com

Hari Kemerdekaan, Susi akan tenggelamkan 63 kapal penangkap ikan ilegal

TENGGELAMKAN KAPAL. Menteri Kelautan dan Perikanan akan menenggelamkan 63 kapal penangkap ikan ilegal yang bertepatan dengan momentum hari Kemerdekaan ke-71 Indonesia pada Rabu, 17 Agustus. Foto oleh Rappler

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menenggelamkan 63 kapal penangkap ikan ilegal yang bertepatan dengan momen peringatan kemerdekaan ke-71 Indonesia. Jumlah kapal yang ditenggelamkan berubah dari sebelumnya 71 buah.

Lalu, apa alasan perubahan jumlah kapal yang ditenggelamkan itu?

Enggak cukup (kalau 71 kapal),” ujar Susi.

Dia menjelaskan stok tangkapan kapal penangkap ikan ilegal sebenarnya berjumlah lebih dari 63. Namun, kapal-kapal itu masih dalam proses hukum sehingga belum berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

Susi mengatakan, tidak akan menenggelamkan kapal dengan menggunakan bahan peledak. Melainkan, dia hanya akan membuka keran pada kapal, sehingga kapal tersebut tenggelam dengan sendirinya. Selengkapnya baca kompas.com

Indonesia ekspor babi ke Singapura senilai Rp 59 miliar

Festival kuliner olahan daging babi yang diselenggarakan di Mal Sri, Semarang, Jawa Tengah. Festival ingin mengundang kontroversi dari kalangan umat Muslim. Foto oleh Fariz Fardianto/Rappler

Tak banyak yang tahu bahwa Indonesia ternyata merupakan negara pengekspor babi. 

Pada Juli 2016, Indonesia mengekspor babi senilai US$ 4,58 juta atau Rp 59,54 miliar. Bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, ada kenaikan sebesar 11,61%.

“Indonesia ekspor babi, nilainya US$ 4,58 juta,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin.

Menurut Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo, negara tujuan ekspor babi adalah Singapura. Sementara daerah asal ekspor adalah Batam.

Sedangkan pada periode yang sama tahun lalu, realisasi ekspor babi US$ 4,63 juta atau ada penurunan 1,15%. Selengkapnya di Detik.com.

Indonesia wRap: Senin, 15 Agustus 2016

Dari sopir Go-Jek mogok hingga siswi keturunan Perancis batal jadi Paskibraka 

Seorang pelajar keturunan Sunda-Perancis, Gloria Natapradja Hamel, batal ikut upacara pengukuhan Paskibraka di Istana Negara. Menpora Imam Nahrawi mengatakan status kewarganegaraan Gloria masih ditelusuri.

“Yang bersangkutan belum 18 tahun dan sejak kecil di Depok. Tinggal soal ayahnya yang warga negara Perancis,” kata Imam.

Sementara itu, Go-Jek dapat suntikan dana terbaru, yang kini disebut “start-up Unicorn”. Namun, sejumlah mitra sopir Go-Jek di beberapa kota seperti Bandung dan Yogyakarta gelar aksi mogok massal. Akibatnya, pengguna aplikasi Go-Jek kesulitan mencari pengemudi.

Berita baiknya, Kementerian Perhubungan menyatakan maskapai Indonesia kini diperbolehkan langsung terbang ke Amerika Serikat.

Federal Aviation Administration berikan kategori 1 standar keselamatan dan keamanan penerbangan bagi Garuda. Proses mendapatkan kategori 1 telah dimulai sejak 2015. 

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!