Tontowi/Liliyana sabet emas, Menpora penuhi nazar potong rambut

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Tontowi/Liliyana sabet emas, Menpora penuhi nazar potong rambut
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir meraih emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade Rio 2016


JAKARTA, Indonesia — Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memenuhi nazar yang disampaikan sebelumnya jika pasangan atlet Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir meraih emas di Olimpiade Rio 2016, maka ia akan memotong pendek rambut beserta kumisnya.

Pemotongan rambut ini dilakukan langsung usai menonton siaran langsung pertandingan final nomor ganda campuran bulu tangkis Olimpiade 2016 di halaman kantor Kemenpora, Jakarta, pada Rabu malam, 17 Agusuts. Potong rambut ini dilakukan lebih cepat karena pihak penyelenggara nonton bareng telah menyiapkan tukang cukur.

“Ini adalah niat pribadi yang sebelumnya memang tidak saya publikasikan. Saya melakukan ini dengan ikhlas. Ini juga salah satu bentuk kerinduan akan emas Olimpiade,” kata Imam setelah memenuhi nazar.

(BACA: Hasil tim bulu tangkis Indonesia di Olimpiade Rio 2016)

Tidak hanya memotong rambut, ia juga memotong kumis tipis yang selama ini menjadi ikon pria kelahiran Bangkalan Madura itu. 

Potong rambut ternyata tidak hanya dilakukan oleh Imam. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Gatot S Dewa Broto bahkan lebih berani dengan menggunduli kepalanya. 

“Saya juga punya nazar. Sama, sebenarnya belum akan saya lakukan saat ini. Tapi semuanya meminta saat ini,” kata Gatot dengan tersenyum.

Apa yang dilakukan oleh petinggi Kemenpora ini bukan tanpa alasan karena sebagai bentuk apresiasi kepada pasangan ganda campuran Indonesia yaitu Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang mampu mempersembahkan medali emas bagi kontingen Indonesia di Olimpiade 2016.

Pemain yang akrab dipanggil Owi/Butet ini meraih emas setelah mengalahkan pasangan asal Malaysia, Chan Peng Soo/Goh Lie Ying, dengan skor 21-14 dan 21-12. Hasil ini memenuhi harapan rakyat Indonesia yang sejak lama mengharapkan emas Olimpiade.

“Setelah delapan tahun menunggu, akhir emas kembali bisa raih. Makanya hasil ini pantas untuk disyukuri,” kata Imam.

Ucapan selamat dari Jokowi

Presiden Joko “Jokowi” Widodo juga menyatakan apresiasinya atas peraihan medali emas oleh Tontowi/Liliyana.

“Akhirnya, kita dengar Indonesia Raya di Olimpiade Rio 2016,” demikian cuitan Jokowi, pada Kamis dini hari, 18 Agustus.

Ia juga mengucapkan selamat atas medali emas yang didapatkan pasangan Tontowi dan Liliyana.

“Medali emas dari Tontowi Ahmad & Lilyana Natsir. Selamat! -Jkw,” kata Jokowi dalam cuitannya.

Medali emas yang didapat bersamaan dengan Hari Kemerdekaan RI Ke-71 tersebut menjadi emas pertama bagi kontingen Indonesia pada pesta olahraga sejagat itu.

Kontingen Indonesia di Rio de Janeiro sebelumnya telah meraih dua medali perak melalui cabang angkat besi. —Antara/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!