Berita hari ini: Minggu, 21 Agustus 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Minggu, 21 Agustus 2016

ANTARA FOTO

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Minggu, 21 Agustus 2016

 

Warga sengaja bakar lahan di malam hari 

Masih banyak warga atau petani di kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat yang melakukan pembakaran lahan untuk keperluan menanam padi. Umumnya, warga membakar lahan sejak sore hingga malam hari.

Dari pantauan media di kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar sebagian aktivitas pembakaran lahan tersebut dijaga langsung oleh petani yang bersangkutan. Tetapi, ada juga lahan kosong yang terbakar dan tidak ada yang menjaga. Kondisi ini menimbulkan kabut asap yang tebal. Selanjutnya baca di Berita Satu.

Pemerintah tengah kaji kenaikan cukai rokok

PABRIK ROKOK. Pekerja rokok di Kudus, Jawa Timur. Foto oleh ANTARA

Pemerintah kini tengah mempertimbangkan kenaikan cukai rokok yang cukup signifikan, bahkan mencapai 2 kali lipat. Dengan begitu, harga rokok yang saat ini berada di kisaran Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu menjadi Rp 50 ribu.

Ketua Umum Gabungan Produsen Rokok Putih Indonesia (Gaprindo), Muhaimin Moefti mengatakan kenaikan cukai rokok yang berlebihan bisa membahayakan industri rokok itu sendiri. Sementara, saat ini perusahaan rokok merupakan penyumbang pajak ke kas negara dalam jumlah yang cukup signifikan.

“Suatu barang apa pun kalau kenaikan harganya terlalu berlebihan itu sangat fenomenal, akibatnya akan banyak,” ujar Muhaimin.

Dampak lainnya yang bisa diprediksi akan terjadi, kata Muhaimin, yakni perusahaan rokok akan menurunkan produksinya. Dalam jangka pendek, hal itu bisa memicu pengurangan jumlah karyawan. Padahal, selama ini perusahaan rokok menjadi industri padat karya yang menyerap tenaga kerja. Selengkapnya di Liputan 6. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!