‘Surat dari Praha’, wakil Indonesia di seleksi Oscar 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

‘Surat dari Praha’, wakil Indonesia di seleksi Oscar 2017
Film yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko ini akan mengikuti proses seleksi untuk nominasi kategori Best Foreign Language Film

JAKARTA, Indonesia – Satu lagi, film hasil karya anak bangsa yang akan bersiap berlaga di kancah internasional. Surat dari Praha, film besutan sutradara Angga Dwimas Sasongko akan mewakili Indonesia dalam proses seleksi untuk menentukan nominasi kategori Best Foreign Language Film di ajang Academy Awards (Oscar) 2017 mendatang.

Penilaian ini didapat dari hasil penjurian komite yang tergabung dalam Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) dan Komite Seleksi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik 2017. Seluruh proses seleksi sudah mengikuti aturan baku yang ditetapkan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences selaku penyelenggara gelaran Oscar.

Para anggota komite yang terdiri dari aktor, penulis skenario, sutradara, produser, penata musik dan lainnya bergabung untuk menentukan pilihan mereka. Dengan catatan, setiap orang tidak berhak untuk menominasikan hasil karyanya atau film yang dibintanginya.

Angga, sang sutradara, yang kini tengah berada di Italia dalam rangka pemutaran film Filosofi Kopi, mengaku sangat bahagia mendengar kabar baik ini.

“Film ini dibuat dengan keinginan sederhana, menceritakan kisah Indonesia kecil di Praha yang tak banyak penonton film kita, terutama yang berusia muda, ketahui. Semangat dan kegelisahan saya bercerita membawa saya pada pengalaman luar biasa,” kata Angga lewat pernyataan tertulisnya.

“Bertemu dengan para exils yang banyak mengajarkan saya tentang arti berkeras dan berjuang atas ide-ide dan integritas yang mereka percaya. Bekerja dengan banyak talenta muda seperti Irfan Ramly, Ivan Anwal Pane, Julie Estelle, Tersi Eva Ranti, Anggia Kharisma dan Chicco Jerikho serta para maestro seperti Tyo Pakusadewo, Widyawati dan Glenn Fredly merupakan fase penting yang membuat saya tumbuh, tidak hanya sebagai sutradara maupun produser, tapi juga sebagai manusia seutuhnya. Ini adalah perjalanan penting untuk karier saya.”

Angga pun mohon dukungan dan doa dari semua pihak untuk bisa melewati tahapan-tahapan selanjutnya di ajang Oscar nantinya.

(BACA JUGA: Peluncuran perdana film Surat Dari Praha)

Surat dari Praha bercerita soal kehidupan para mahasiswa ikatan dinas di era 60an yang harus terasing dari Tanah Air sendiri karena tidak mau mengakui pemerintahan Orde Baru. Mereka tidak bisa kembali ke Tanah Air dan terpaksa menetap di Praha.-Rappler.com.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!