Kunjungi korban banjir Garut, Jokowi minta perusak lingkungan ditindak

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kunjungi korban banjir Garut, Jokowi minta perusak lingkungan ditindak
Banjir bandang yang menerjang Kabupaten Garut karena rusaknya lingkungan di daerah aliran Sungai Cimanuk.

JAKARTA, Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian menindak tegas para perusak lingkungan. Akibat ulah mereka banjir bandang terjadi di Garut.

“Penegakan hukum, ini yang paling penting. Karena tanpa itu hutan, vegetasi, dan pohon ini akan terus digundul,” Presiden Jokowi seperti dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet, saat mengunjungi korban banjir bandang di Garut, Kamis 29 September 2016.

Sebelumnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan banjir bandang yang menghantam sejumlah wilayah di Kabupaten Garut terjadi antara lain karena adanya kerusakan lingkungan di daerah aliran Sungai Cimanuk.

Menanggapi laporan tersebut, Presiden Jokowi langsung memerintahkan tim dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) turun ke lapangan. Tim juga diperintahkan melakukan konservasi dan melakukan penataan ruang.

Banjir bandang menerjang tujuh kecamatan di Kabupaten Garut pada Selasa, 20 September 2016. Sampai Rabu, 28 September, sebanyak 34 orang dinyatakan tewas dalam bencana ini.

Sebanyak 19 orang yang dinyatakan hilang masih dalam pencarian. Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat 605 rumah rusak berat, 200 rumah rusak sedang, 961 rumah rusak ringan, 255 rumah terendam dan 283 rumah hanyut.

Bupati Garut Rudy Gunawan langsung menetapkan status tanggap darurat bencana selama sepekan sesaat setelah banjir bandang datang. Menilik masifnya kerusakan yang terjadi, status tanggap darurat bencana kemudian diperpanjang selama tiga hari. –Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!