Kapolda minta sidang pembacaan tuntutan Ahok ditunda

Ursula Florene

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kapolda minta sidang pembacaan tuntutan Ahok ditunda
Tim kuasa hukum Ahok belum mendapatkan kabar resmi terkait permintaan ini.

 

JAKARTA, Indonesia – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya meminta sidang dengan agenda pembacaan tuntutan atas Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama dalam kasus dugaan penodaan agama ditunda. Permintaan ini tertuang dalam surat bertanggal 4 April 2017 yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Kabid Humas Polda Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan alasannya supaya persiapan pelaksanaan pencoblosan pada 19 April 2017 dapat dilaksanakan dengan tertib. “Mengingat pelaksanaan sidang mendekati masa tenang dan pencoblosan dimungkinkan ada pengerahan massa, maka untuk meminimalisir kemungkinan,” kata dia saat dihubungi pada Kamis, 6 April 2017.

Pengunduran ini tak hanya berlaku untuk Ahok semata, Argo juga mengatakan pemeriksaan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor 3, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno juga akan diundur. Seluruh kegiatan ini diminta untuk dijadwalkan setelah pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta Putaran kedua usai.

Tim kuasa hukum Ahok sendiri belum mendapatkan kabar resmi terkait permintaan ini. Mereka menyerahkan keputusan sepenuhnya pada majelis hakim.

“Kami mengikuti saja. Pada prinsipnya, ketika persidangan sesuai dengan yang direncanakan, tuntutan kemudian pledoi. Kami siap,” kata anggota tim kuasa hukum Ahok, Badrul Munir. Mereka tak mau memaksakan jika memang faktor keamanan yang menjadi pertimbangan.

Bila permohonan ini dikabulkan majelis hakim pun, tak ada keberatan maupun kerugian yang berdampak pada Ahok. Badrul mengatakan pihaknya sudah sangat siap, dan mulai menyusun pembelaan.

Sebagai informasi, sidang pembacaan tuntutan seharusnya berlangsung pada Selasa, 11 April 2017 mendatang. Sementara masa tenang sendiri akan dimulai pada 16-18 April 2017 sebelum pemungutan suara pada 19 April 2017. –Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!