5 hal yang bisa dilakukan agar tidak merasa lelah di Senin pagi

Eka Utami

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal yang bisa dilakukan agar tidak merasa lelah di Senin pagi
Kita membiarkan tubuh mengalami zona waktu berbeda pada Sabtu dan Minggu sehingga harus memerbaikinya pada hari Senin

JAKARTA, Indonesia —Banyak orang yang membenci hari Senin. Kita telah kehabisan waktu liburan akhir pekan dan terpaksa harus bekerja. Padahal mata masih terasa berat, tubuh pun berat. Anda juga merasa kelelahan sepanjang hari karena terbangun dalam keadaan terkejut oleh bunyi alarm.

Menurut Shelby Freedman Harris, Direktur Behavioral Sleep Medicine di Montefiore Medical Center, New York, kejadian tersebut bukan merupakan gangguan tidur. Namun, hal itu terjadi karena seseorang tidak menjaga jadwal tidur yang sama setiap hari.

Jadi, kalau sering begadang pada Jumat malam setelah pulang kerja, kemudian kembali tidur larut pada Sabtu, dan tidur siang hari sepanjang akhir pekan, maka kita akan membayarnya pada hari Senin. Apalagi, jika kebiasaan ini berlanjut hingga Minggu malam. Kita akan mengalami insomnia menjelang Senin. Kita harus melakukan berbagai penyesuaian pada awal hari kerja.

Semua ini terjadi karena kita sendiri yang merusak sistem sirkadian —jam tubuh internal yang mengatur waktu tidur atau bangun, dan juga nafsu makan. Hal ini seperti saat kita sedang mengalami jet lag setelah bepergian.

Kita membiarkan tubuh mengalami zona waktu berbeda pada Sabtu dan Minggu sehingga harus memerbaikinya pada hari Senin.

Berikut tip yang bisa Anda lakukan agar tidak merasa kelelahan pada hari pertama kerja setelah akhir pekan seperti disarikan dari Huffington Post.

Usahakan tidur nyenyak selama sepekan 

Hal ini bisa membantu Anda “menabung” tidur sebelum akhir pekan. Jika Anda selalu mendapat tidur yang cukup setiap hari kerja, maka kekurangan tidur di akhir pekan lebih mudah diatasi.

Tidur siang sejenak

Jika Anda akan mengalami hari kerja yang panjang, dan harus lembur, maka usahakan tidur siang sejenak. Begitu pula pada akhir pekan. Kalau Anda sudah berjanji bertemu dengan beberapa teman pada Sabtu malam, maka tidurlah sejenak pada siang hari.

Kebiasaan ini akan membantu memulihkan teaga Anda lebih cepat pada keesokan harinya. Kuncinya adalah tidur siang sebelum jam 2 siang, dan batasi tidur selama 20 menit. Tidur siang tidak boleh terlalu lama supaya tidak mengganggu jam tidur Anda di malam hari.

Hindari tidur sepanjang siang di hari Sabtu dan Minggu 

Mungkin ini adalah hal yang sulit. Anda pasti sangat ingin bermalas-malasan di akhir pekan. Ini adalah kesempatan Anda untuk tidur lebih lama, dan bangun lebih siang dari biasanya. Ya, tidak apa-apa untuk menikmati satu atau dua jam tambahan tidur di pagi hari di akhir pekan. Tapi, sebaiknya jangan tidur terlalu larut di akhir pekan.

Bergerak 

Olahraga akan membuat energi Anda mengalir setelah keluar di malam hari. Anda mungkin merasa malas bangun dan malah kembali menarik selimut setelah sarapan pagi di akhir pekan. Tapi cobalah untuk memaksakan diri keluar, pergi ke pusat kebugaran atau sekadar lari pagi di taman.

Berjemur 

Dapatkan sinar matahari sebanyak mungkin di pagi hari. Buka tirai, makan sarapan di dekat jendela, kemudian pergi ke luar rumah meskipun hanya di halaman saja. Cahaya membantu menjaga irama sirkadian Anda dan mengurangi kadar melatonin, hormon yang membuat mengantuk.

Kita pasti ingin bersenang-senang di akhir pekan. Kita ingin bisa merasakan bangun siang dan pergi hingga larut malam, tanpa harus khawatir terlambat bangun di keesokan harinya. Tapi, jika kita adalah orang yang ingin menjaga konsistensi pada hari Senin, sebaiknya menjaga waktu tidur di akhir pekan. —Rappler.com

Artikel ini sebelumnya telah diterbitkan di qerja.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!