Kasus Munir luput dari perbincangan SBY dengan Wiranto

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kasus Munir luput dari perbincangan SBY dengan Wiranto

ANTARA FOTO

Wiranto katakan apresiasi masukan SBY perihal keamanan negara. SBY juga beri ucapan selamat pada Wiranto atas terpilihnya menjadi Ketum PBSI

 

JAKARTA, Indonesia — Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mendatangi kantor Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto di Jakarta, pada Selasa, 1 November.

Wiranto mengatakan bahwa dalam kunjungan SBY ke kantornya, keduanya tidak membahas mengenai hasil investigasi Tim Pencari Fakta (TPF) soal kematian aktivis hak asasi manusia Munir Said Thalib.

“Tidak ada [dibahas],” kata Wiranto menjawab pertanyaan wartawan. 

Dia mengatakan masalah hasil investigasi TPF tentang kematian aktivis hak asasi manusia Munir merupakan urusan SBY dengan Jaksa Agung.

“Itu kan urusan beliau [SBY] dengan Jaksa Agung yang membuka hasil pemeriksaan TPF Munir itu,” kata Wiranto.

Sebelumnya, nama SBYdisebut dalam proses pencarian dokumen TPF Munir pasca dinyatakan hilang dan tidak dimiliki oleh Kementerian Sekretariat Negara. Nama SBY disebut karena menurut TPF, ialah orang yang menerima laporan investigasi kematian Munir dari TPF pada 24 Juni 2005 lalu.

Karena tidak tahu di mana keberadaan dokumen itu, Presiden Joko “Jokowi” Widodo kemudian memerintahkan Kejaksaan Agung untuk mencarinya. Diharapkan dengan memegang dokumen tersebut, ditemukan novum baru untuk membongkar aktor penyebab kematian aktivis HAM itu.

SBY beri masukan soal keamanan negara

Selain itu, Wiranto mengapresiasi kunjungan SBY ke kantor Kemenpolhukam yang menurutnya dapat memberikan banyak masukan pada pemerintah saat ini untuk menjalankan tugas-tugas mendatang. 

Sebagai mantan presiden, ujar Wiranto, SBY tentu mengharapkan segala masalah yang dihadapi masyarakat dan negara dapat diselesaikan dengan baik demi kesejahteraan masyarakat.

“Beliau mendukung sepenuhnya tugas yang dilakukan pemerintah. Dan saat ini beliau sangat paham kondisi yang dihadapi dan beliau ingin supaya pemerintah bisa menyelesaikan segala permasalahan dengan baik,” kata Wiranto, tanpa merinci masalah apa yang dimaksud, namun diduga perihal rencana aksi demo pada Jumat, 4 November mendatang.

Sejumlah ormas berbasis keagamaan, termasuk FPI, dijadwalkan akan menggelar aksi unjuk rasa pada 4 November terkait kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama.

Pada bulan lalu, dalam sebuah pidato di hadapan warga Kepulauan Seribu, Ahok mengutip Surat Al-Maidah ayat 51 dari Al-Qur’an. Potongan videonya pun menjadi viral di media sosial beberapa hari kemudian.

Memberi ucapan selamat pada Wiranto

Dalam pertemuannya dengan Wiranto, SBY juga memberi ucapan selamat kepada Wiranto yang baru saja terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) periode 2016-2020 menggantikan Gita Wirjawan. 

“Hal yang dibahas adalah masuknya saya ke PBSI sebagai ketua umum, tadi disinggung malah ya karena beliau (SBY) juga kenal Pak Gita Wirjawan mantan ketua umum PBSI dan sekarang saya sampaikan bahwa saya mengambil alih status kepemimpinan PB PBSI untuk penugasan 2016-2020,” kata Wiranto.”

Beliau sangat senang karena beliau tahu bahwa saya memang hobi badminton dari dulu, tahu bahwa saya pemain badminton juga dan mendukung karena beliau juga yang dulu mendorong pak Gita Wirjawan untuk memegang Pengurus Pusat PBSI,” ujarnya.

Wiranto terpilih menggantikan Gita dalam musyawarah nasional PBSI di Surabaya, pada Senin malam, 30 Oktober.

Wiranto dan SBY sama-sama pensiunan jenderal TNI AD. Wiranto dulu menjadi panglima TNI dan Yudhoyono pernah menjadi anak buahnya sebagai kepala staf teritorial panglima TNI. 

Selepas pensiun, SBY lalu membidani kelahiran Partai Demokrat dan pernah bersaing dengan Wiranto menuju kursi kepresidenan pada 2004. Wiranto juga berkiprah ke politik dan membangun Partai Hanura. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!