Disinformation

11 penerjun Kopassus terjatuh saat latihan, satu prajurit masih hilang

Fariz Fardianto

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

11 penerjun Kopassus terjatuh saat latihan, satu prajurit masih hilang
Kesebelas prajurit Koppasus yang jatuh diutus langsung dari Jakarta

SEMARANG, Indonesia —  Sebelas penerjun payung Koppasus mengalami kecelakaan saat menggelar latihan terjun payung di langit Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa 7 Februari. 

Para penerjun tersebut diduga terhempas angin yang berhembus keras, membuat mereka kehilangan kendali hingga akhirnya jatuh di perairan Tanjung Emas, tak jauh dari Pantai Marina. 

Dari sebelas penerjun yang jatuh tersebut, seorang prajurit yakni Sertu Danang, hingga kini masih belum ditemukan. Saat ini baru helm dan parasut Sertu Danang yang telah ditemukan oleh tim gabungan.

Sementara 10 prajurit lainnya berhasil mencapai daratan. Satu di antara mereka, yakni Sersan Deni, sempat terapung di lautan sebelum diselamatkan oleh nelayan setempat.   

“Kami sekarang masih mencari satu prajurit lagi,” kata Panglima Distrik Militer IV Diponegoro, Mayor Jenderal Jaswandi, di Pelabuhan Tanjung Emas, Selasa 7 Februari 2017.

Kesebelas prajurit Koppasus yang jatuh tersebut merupakan satuan yang diutus langsung dari Jakarta untuk berlatih di Semarang.    

Maulana Affandi, Juru Bicara Tim Basarnas Jateng, mengatakan pihaknya telah mengerahkan 2 unit kapal karet, 4 kapal Ditpolair, dan 1 kapal KPLP untuk mencari  Sertu Danang.

Pencarian dilakukan hingga ke ujung Pantai Marina dan Tambaklorok. “Penyisiran dilakukan dengan berjalan kaki serta naik perahu,” kata Maulana Affandi.

Cuaca buruk di lokasi cukup menghambat upaya pencarian. Maulana mengatakan kecepatan angin di lokasi mencapai 25 knot dengan tinggi gelombang mencapai 3 meter. “Menyulitkan kami untuk bermanuver di atas air,” katanya. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!