Cerita Menteri Susi yang berniat ikut ujian kejar paket C

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Cerita Menteri Susi yang berniat ikut ujian kejar paket C

(c) TiM SANTOS (+62817-60300-11)

Walau sudah mendaftar tahun lalu, tapi Susi urung ikut karena harus menjaga anaknya yang sakit.

JAKARTA, Indonesia – Pepatah tidak ada kata terlambat menimba ilmu rupanya dijalankan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Walau dia hanya mengantongi ijazah SMP puluhan tahun lalu, rupanya tekad Susi untuk bisa meraih gelar pendidikan yang tinggi tidak pernah padam.

Hal itu terbukti ketika CEO maskapai Susi Air itu berniat untuk mengikuti ujian gelar paket C. Kepada Rappler, Susi membenarkan dirinya memang sudah mengikuti proses pendaftaran untuk bisa mengikuti ujian paket C. Sayangnya, Susi belum bisa mengikuti ujian itu.

“Itu rencana tahun lalu. Saya enggak jadi ikut, karena harus pergi ke Paris. Anak ku sakit,” ujar Susi melalui pesan pendek pada Senin malam, 17 April.

Sementara, juru bicara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Lily Aprilia mengatakan walau sudah tidak jadi ikut ujian, data Susi sudah masuk ke dalam sistem Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Sehingga, tidak bisa ditarik kembali. Kartu Susi sebagai peserta ujian paket C pun malah beredar di media sosial. 

“Sebetulnya sudah dibatalkan (ujiannya), tapi keburu masuk dan terdaftar di sistem PKBM tersebut,” ujar Lily seperti dikutip media.

Kejar Paket C merupakan program alternatif dari Kementerian Pendidikan dan Budaya sebagai alternatif bagi warga Indonesia yang sempat mengalami putus sekolah. 

Kendati hanya mengantongi ijazah SMP, tetapi Susi selalu mendorong agar publik meraih pendidikan setinggi-tingginya. Apa yang menimpa dirinya, sebaiknya tidak untuk ditiru.

Susi pun tidak malu mengakui baru dia hanya lulusan SMP. Sebab, Presiden Joko “Jokowi” Widodo justru mempercayakannya posisi sebagai Menteri yang menjadi fokus dari pemerintahannya selama lima tahun ke depan yaitu di bidang kemaritiman.

Saat berbicara dalam kuliah umum di Universitas Harvard Maret 2016, perempuan kelahiran Ciamis itu sempat bertanya kepada Jokowi apakah mantan Gubernur DKI itu sudah gila memilih calon Menteri yang hanya lulusan SMP.

“Tetapi, Pak Jokowi mengatakan saya memang butuh orang gila seperti Anda,” ujar Susi mengenang alasan Jokowi mengangkat dirinya sebagai Menteri KKP pada tahun 2014 lalu.

Di hadapan para mahasiswa Harvard, Susi mengatakan yang terpenting bukan seberapa panjang deretan gelar akademis yang dimiliki. Tetapi, seberapa banyak masing-masing individu berkontribusi bagi negaranya.

Publik pun mengenal Susi sebagai Menteri yang berani meledakan dan menenggelamkan kapal-kapal pencuri ikan di wilayah laut Indonesia. – dengan laporan Uni Lubis/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!