Amien Rais kawal pembacaan tuntutan

Ursula Florene

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Amien Rais kawal pembacaan tuntutan
Kelompok pendukung dan kontra Ahok sempat ricuh di depan ruang sidang.

 

JAKARTA, Indonesia — Mantan Ketua MPR Amien Rais turun langsung mengawal pembacaan tuntutan terdakwa kasus dugaan penodaan agama Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. Ini pertama kalinya mantan aktivis itu bergabung dengan massa GNPF-MUI.

Orasi Amien dibuka dengan ucapan syukur atas terpilihnya gubernur muslim untuk Jakarta. “Alhamdulillah kemarin rakyat Jakarta telah menentukan pilihannya, rakyat Jakarta tidak bisa diberondong dengan sembako,” kata dia di Jalan RM Harsono, pada Kamis, 20 April 2017.

Selanjutnya, ia meminta supaya Jaksa Penuntut Umum (JPU) menjatuhkan hukuman seberat-beratnya bagi Ahok. Bila kemudian kondisi menjadi tidak kondusif, maka dirinya akan mengoreksi pihak Polri.

Amien memang salah satu tokoh yang vokal menentang pemerintah, juga Ahok setelah ia terjerat kasus dugaan penodaan agama. Mantan ketua umum PAN ini menutup orasinya dengan ajakan seluruh umat muslim untuk bersyukur.

“Kalau bisa puasa Senin-Kamis, terus berdzikir. Insya Allah kita akan dimenangkan Allah SWT,” kata dia.

Hari ini, massa yang berkumpul di depan Kementan berjumlah sekitar lebih dari 100 orang, namun mereka datang tidak pagi. Demikian pula dengan massa pendukung Ahok.

Tensi usai tuntutan dibacakan pun sempat tinggi. Saat sidang ditunda, kelompok pendukung dan kontra Ahok sempat ricuh di depan ruang sidang. Keributan berawal dari teriakan seorang laki-laki, yang mengatakan kalau ‘Al-Qur’an harus dibela!’ kepada sekelompok ibu-ibu berpakaian kemeja kotak-kotak.

Polisi sigap menangani sebelum keributan semakin besar, Kerumunan langsung dibubarkan sembari mengatur pengunjung lain untuk keluar dari sana. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!