Setya Novanto jadi tersangka, Golkar tetap dukung Jokowi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Setya Novanto jadi tersangka, Golkar tetap dukung Jokowi
Golkar juga belum akan mencari ketua umum baru

JAKARTA, Indonesia — Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham memastikan dukungan partainya terhadap pemerintahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo tidak akan berkurang meskipun ketua umum partai mereka, yakni Setya Novanto, kini berstatus tersangka.

“PG (Partai Golkar) juga harus meyakinkan publik, bahwa status tersangka yang ditetapkan kepada Novanto tidak mempengaruhi organisasi PG. Kepemimpinan di PG tetap efektif dan sesuai sistem,” kata Idrus Marham di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Selasa 18 Juli 2017.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Ketua DPR Setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

Setya diduga berperan dalam proses perencanaan anggaran di DPR dan proses pengadaan barang jasa dalam proyek KTP Elektronik. Ia memainkan perannya ini bersama dengan seorang berinisial AA yang juga telah ditetapkan sebagai tersangka.

Idrus mengatakan partainya telah memutuskan mendukung pemerintahan Presiden Jokowi saat Rapimnas beberapa waktu lalu. Keputusan tersebut tetap berlaku meskipun Setya Novanto kini berstatus tersangka.

Rapat konsolidasi partainya yang digelar secara mendadak di Gedung DPR hari ini, kata Idrus, hanya membahas langkah-langkah yang akan mereka tempuh untuk menyikapi status tersangka Setya Novanto.

Saat ini, Idrus melanjutkan, pihaknya masih menunggu surat keputusan KPK yang menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka. Setelah surat itu diterima, barulah Golkar akan menentukan sikap apakah akan menempuh praperadilan atau langkah hukum lainnya.

“Kami menugaskan fraksi mengkaji bagaimana konstruksinya, dan apa alasan-alasannya, guna menentukan langkah-langkah hukum lanjutan,” kata Idrus.

Ia memastikan jika saat ini Partai Golkar tetap solid mendukung Setya Novanto. Idrus juga mengatakan partainya tidak akan menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa untuk mencari pemimpin baru. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!