Sketsa penyerang Novel Baswedan, belum tentu pelakunya

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Sketsa penyerang Novel Baswedan, belum tentu pelakunya
Sketsa terduga penyerang Novel Baswedan akan disebar

JAKARTA, Indonesia — Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya akan menyebar sketsa terduga pelaku penyerangan terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan ke seluruh Polda. 

“Ya nanti kita per Polda (sebar sketsa),” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Selasa 1 Agustus 2017.

Selain menyebar sketsa tersebut, Argo melanjutkan, pihaknya juga menunggu informasi dari masyarakat mengenai keberadaan dan identitas orang dalam sketsa tersebut. “Kita tunggu dari masyarakat yang melihat wajah seperti itu, kita juga mencari yang seperti itu ya,” katanya.

Sampai saat ini, Argo melanjutkan, pihaknya belum mengantongi identitas orang di dalam sketsa tersebut. “Belum diketahui,” ucapnya.

Argo mengatakan sketsa wajah yang ditunjukkan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian saat jumpa pers di Istana Negara pada Senin 31 Juli dibuat berdasarkan keterangan seorang saksi sebelum penyerangan Novel.

Saksi tersebut melihat seseorang tak dikenal sedang duduk di atas motor. “Kemudian saksi itu kita tanya kembali seperti apa ciri-cirinya, rambutnya seperti apa, apakah ikal lurus, kemudian bentuk mata seperti apa, kami tanyakan semuanya,” kata Argo.

Keterangan saksi tersebut kemudian dikirim ke Inafis untuk dibuat sketsa melalui program pengolah gambar di komputer. Hasilnya seperti yang diperlihatkan Kapolri pada Senin lalu.

Belum tentu pelaku

Argo mengatakan, meskipun sketsa tersebut dibuat berdasarkan keterangan saksi, namun orang dalam sketsa itu belum tentu pelaku penyerangan terhadap Novel Baswedan.

Sebab, saksi hanya melihat orang dalam sketsa tersebut sebelum penyerangan terjadi. Saat itu orang yang wajahnya dibuatkan sketsa tersebut sedang duduk di atas motor.  

“Jadi seperti ini ya, ada orang duduk di atas motor, apakah dia pasti pelaku? Nah saksi ini melihat ada orang duduk di atas motor makanya kita tanya, kita sketsa,” kata Argo. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!