Jokowi akan ikut pawai karnaval Pesona Parahyangan 2017

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jokowi akan ikut pawai karnaval Pesona Parahyangan 2017

ANTARA FOTO

Karnaval Pesona Parahyangan menjadi acara penutup di bulan Kemerdekaan

BANDUNG, Indonesia – Setelah Pontianak Kalimantan Barat dan Balige Sumatera Utara, kini giliran Kota Bandung Jawa Barat menjadi tuan rumah karnaval kemerdekaan yang merupakan puncak perayaan bulan kemerdekaan. Acara bertajuk Pesona Parahyangan 2017 ini akan mengkolaborasikan seni budaya dari berbagai suku, agama, dan ras, baik itu seni tradisional, modern, maupun kontemporer.

Hal itu untuk mewujudkan tema “Nyalakan Api Kerja Bersama” yang menyiratkan pesan Bhineka Tunggal Ika dan kebersamaan.

Ketua Panitia Nasional Kemerdekaan sekaligus Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, mengatakan pesan dari acara itu sangat kuat yakni ingin menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang berbhinneka.

“Karena ini sebagai acara penutup, kita berharap akan jadi acara yang meriah. Pesannya jelas sangat kuat, menunjukkan bagaimana ke-Bhineka Tunggal Ika-an, Indonesia kaya dengan seni budaya,” ujar Pratikno ketika memberikan keterangan pers kepada media pada Jumat, 25 Agustus.

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 akan diikuti oleh lebih dari 2500 peserta yang berasal dari 13 provinsi di Indonesia, 20 kota kabupaten di Jawa Barat, 43 komunitas, dan juga perwakilan dari berbagai daerah penyelenggara festival terbaik tingkat nasional maupun internasional, seperti Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Iriana Joko Widodo dijadwalkan menghadiri karnaval kemerdekaan. Bahkan, presiden dan ibu negara akan ikut pawai dengan menumpang mobil hias karya lima seniman Bandung yang diberi nama, Kereta Pancasila. Keduanya akan ikut iring-iringan bersama peserta karnaval lainnya sejauh kurang lebih 3,8 kilometer, mulai dari Gedung Sate Jalan Diponegoro Kota Bandung hingga Taman Vanda Jalan Merdeka Kota Bandung.

Pakaian Jokowi dan Iriana disesuaikan dengan tema Pesona Parahyangan, yakni mengenakan pakaian adat Sunda. Jokowi akan mengenakan busana Sunda rancangan Deden Siswanto yang dipadukan dengan sepatu sandal Bustong hasil karya pengrajin Tasikmalaya. Senada dengan suaminya, Iriana akan mengenakan baju tradisional Sunda dilengkapi dengan sepasang Kelom Geulis, yang juga buatan pengrajin Tasikmalaya.

“Beliau minta pakaian adat Sunda,” kata Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki, usai jumpa pers.

Ia menjelaskan alasan dipilihnya kota Bandung sebagai tempat penyelenggaraan karnaval kemerdekaan karena dikenal sebagai kota kreatif dan gudangnya seniman.

“Karena di Bandung ini gudangnya seniman, banyak kelompok kreatif, mulai dari kuliner, fashion, musik, dan lain-lain,” kata dia.

Tapi, tujuan utama dari karnaval itu, ujar Teten, untuk berbagi kegembiraan dan kemeriahan dalam merayakan hari kemerdekaan.

“Presiden mulai 2014 melakukan perayaan kemerdekaan di luar Jakarta supaya kemeriahannya tidak hanya di Jakarta tapi berbagi dengan daerah-daerah di luar Jakarta,” kata dia.

Teten berharap ke depannya, karnaval di Bandung bisa dijadikan benchmark penyelenggaraan karnaval berikutnya. Karnaval ini diharapkan pula bisa menjadi tradisi kota-kota tuan rumah sehingga bisa menjadi destinasi wisata dan promosi daerah.

“Ini saya kira, selain kegairahan, kegembiraan, tapi juga bisa menggali potensi ekonomi kreatif, seni, dan budaya,” katanya.

Rangkaian kegiatan

Karnaval Pesona Kahyangan akan dimulai pukul 14:00 WIB pada Sabtu, 26 Agustus. Proses dimulainya karnaval akan digelar di Gedung Sate.

Pelepasan iring-iringan karnaval ditandai dengan pemukulan kohkol (kentongan) oleh presiden yang diikuti pemukulan kokhol oleh 100 hadirin, dan 1000 murid yang membunyikan gendang tangan secara serentak.

Prosesi ini juga dihadiri oleh sejumlah menteri, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Sebagai tuan rumah, Ridwan Kamil berharap, kegembiraan dan kemeriahan karnaval bisa ditularkan ke seluruh masyarakat Indonesia.

“Titip ke media, jadikan ini viral, agar aura kebahagiaan menular ke seluruh Indonesia. Tolong di-zoom orang-orang yang bergembira sehingga yang menonton juga bisa merasakan kebahagian, tidak hanya yang di Bandung,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Untuk mengamankan jalannya acara, Emil mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 4000 personel pengamanan dari TNI dan Polri. Pengamanan akan dilakukan secara maksimal mengingat presiden ikut melakukan pawai.

“Ini agak unik karena presiden ikut jadi peserta karnaval, berbeda dengan sebelumnya. Jadi pengamanan harus dimaksimalkan,” kata dia.

Emil mengimbau kepada warga Bandung untuk hadir dan ikut memeriahkan karnaval kemerdekaan dengan mengenakan pakaian tradisional. Emil memperkirakan sekitar 50 ribu warga akan ikut meramaikan kegiatan karnaval yang ketiga ini.

Karnaval ini akan dimeriahkan oleh seni tradisi Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Rebana dari Ponpes Nurul Iman, Reog Ponorogo, Sisingaan dari Subang, serta atraksi kesenian gabungan dari 11 masyarakat adat.

“Domba Garut juga akan ikut pawai, didandanin supaya cantik. Saya rasa Domba Garut ini yang akan paling menarik perhatian,” kata Emil.

Klub sepakbola kebanggaan warga Bandung dan Jawa Barat, Persib Bandung juga akan ikut pawai. Sayangnya tidak semua pemain Persib bisa ikut karena sebagian besar telah berangkat ke Papua untuk menjalani laga tandang di markas Persipura Papua.

Pemain Persib yang ikut pawai, antara lain I Made Wirawan dan Tantan. Mereka akan ditemani para Bobotoh yang juga ikut meramaikan karnaval kemerdekaan.

Kegiatan karnaval ini akan berakhir di Alun-alun Bandung dan berlanjut hingga Car Free Night di sepanjang kawasan Asia Afrika. Di sana akan diselenggarakan berbagai acara hiburan oleh sejumlah komunitas di Kota Bandung. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!