Jokowi: Jangan beri peluang kepada ideologi yang bertentangan dengan Pancasila

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jokowi: Jangan beri peluang kepada ideologi yang bertentangan dengan Pancasila
"Jangan sampai sejarah kelam, kekejaman PKI, itu terulang lagi," kata Jokowi

JAKARTA, Indonesia – Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan Indonesia tidak boleh memberi peluang kepada ideologi yang bertentangan dengan Pancasila untuk berkembang di Indonesia.

“Pegang teguh Pancasila. Jaga persatuan, kesatuan. Jangan beri ruang kepada ideologi lain yang bertentangan dengan Pancasila. Apalagi memberi ruang kepada PKI. Tidak,” kata Jokowi pada upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur pada Minggu, 1 Oktober 2017.

Presiden mengatakan ia telah menonton film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI sebanyak tiga kali dan meminta masyarakat mencegah peristiwa serupa terulang lagi di tanah air. 

“Jangan sampai sejarah kelam, kekejaman PKI, itu terulang lagi,” katanya.

Posisi pemerintah, kata Jokowi, sangat jelas bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) dilarang di Indonesia sesuai dengan TAP MPRS No. 25 tahun 1966.

“Artinya apa? Komitmen kita, komitmen saya, komitmen pemerintah jelas. Karena di TAP MPRS 25/66 jelas bahwa PKI itu dilarang. Saya kira tidak perlu diulang-ulang,” kata Jokowi.

“Saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa dan memerintahkan kepada TNI-Polri serta seluruh lembaga-lembaga pemerintah untuk bersama-sama, bersinergi membangun bangsa, membuat rakyat tenang dan tenteram dan bersatu padu menghadapi persaingan dan kompetisi global,” ujar Jokowi. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!