INFOGRAFIS: Semua hal yang perlu kalian ketahui mengenai penyakit difteri

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

INFOGRAFIS: Semua hal yang perlu kalian ketahui mengenai penyakit difteri
Hingga bulan November, sudah ada 593 kasus penyakit difteri dan 32 orang di antaranya meninggal

JAKARTA, Indonesia – Kementerian Kesehatan akhirnya menyatakan penyakit difteri sebagai kejadian luar biasa (KLB). Maka, untuk mencegahnya pemerintah melakukan imunisasi secara serentak di tiga provinsi, yakni Jawa Barat, Tangerang dan Jakarta.

Mengapa tiga provinsi itu yang dipilih? Karena kepadatan penduduk di tiga provinsi itu cukup tinggi. Direktur Surveilans dan Karantina Kemenkes Jane Soepardi mengatakan imunisasi akan dilakukan di sekolah. Warga juga bisa mendapat vaksinasi gratis melalui puskesmas di tiga provinsi itu.

“Jadi, orang tua dapat mengecek status imunisasi anaknya. Jika belum lengkap untuk difteri dapat ke puskesmas terdekat,” tutur dia.

Ia menyatakan imunisasi dilakukan dengan skala lebih kecil dengan paramater ada satu kasus difteri dan dinyatakan sebagai KLB (Kejadian Luar Biasa). Dengan begitu, maka orang yang diduga terinfeksi dan semua orang yang diduga terifeksi, akan diperiksa.

Berdasarkan data dari Kemenkes hingga November ini, difteri terjadi di 20 provinsi dengan 593 kasus dan 32 orang meninggal. Kasus difteri di Indonesia sebenarnya sudah tidak lagi ada sejak tahun 1990an. Tetapi, tahun 2009 penyakit tersebut justru muncul lagi.

Berikut data yang perlu kalian ketahui mengenai penyakit difteri ini:

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!