Kiat terbaik untuk mewujudkan rencana traveling secara online

Amelia Stephanie

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kiat terbaik untuk mewujudkan rencana traveling secara online
Cermati cara bertransaksi e-commerce yang aman dan tren destinasi favorit sebelum bepergian

JAKARTA, Indonesia – Berdasarkan data Kementerian Pariwisata Indonesia, di tahun 2016 ini terdapat sekitar 140 juta wisatawan Indonesia, baik domestik dan internasional. Sekitar 60 persen di antaranya memesan tiket pesawat secara online dan 25 persennya memesan hotel secara online.

 “Lima belas persen dari semua pemakaian kartu kredit per tahun itu ada di travel, jadi ada airline, travel pack dan lain-lain. Kalau debit hampir 50 persen transaksi di e-commerce digunakan untuk keperluan traveling,” kata Vira Widiyasari, Senior Vice President Credit Cards Bank Mandiri saat acara siaran pers Festival Jalan Jalan, Senin, 21 November.

Transaksi e-commerce yang aman

Di tengah maraknya fenomena berbelanja online ini, termasuk urusan travelling, Vira mengingatkan untuk selalu meng-update data pengguna agar transaksi yang terjadi aman.

Karena jika menggunakan kartu kredit saat berbelanja online, maka nasabah akan dikirimkan kode unik ke nomor teleponnya yang harus dimasukkan saat transaksi. Inilah mengapa nomor telepon dan data nasabah menjadi penting untuk diperbaharui jika berganti.

“Sebetulnya, sih, kalau transaksi e-commerce, kan, kalau untuk kartu kredit sudah ada OTP, ya, jadi sudah ada one time password yang dikirimkan ke handphone nasabah yang terdaftar. Jadi supaya aman, pastikan setiap kali misalnya ada perubahan alamat, perubahan nomor telepon langsung dikasih tahu ke banknya,” kata Vira.

Destinasi favorit

Destinasi yang dipilih oleh para travelers untuk menghabiskan waktu liburannya pun beragam, baik domestik maupun internasional. Beberapa destinasi favorit versi Traveloka dibagi menjadi dua kategori durasi, singkat dan panjang.

Untuk durasi singkat, seperti liburan akhir pekan, Bali, Bandung, Bogor dan Singapura pun menjadi pilihan travelers.

Namun untuk durasi panjang, travelers lebih memilih Kuala Lumpur, Thailand, Indonesia bagian Timur dan juga Jepang.

“Destinasi favorit kalo di Indonesia, sih, biar bagaimana Bali masih memegang peranan. Tapi kalau saya lihat destinasi-destinasi yang lain juga mulai banyak naik.”

“Selain itu kalau destinasi-destinasi luar negeri seperti yang saya sampaikan, Singapura, karena mungkin jarak ya. Jadi baik yang urusan bisnis maupun urusan liburan masih jadi nomor satu. Tapi kalau kita lihat yang mulai picking up banyak juga itu Jepang,” kata Vira.

Dari kiri ke kanan: Tabah Yudhananto, Digital Marketing, Partnership & CRM Sr. Manager Blibli.com; Harris Thajeb, Country CEO Dentsu Aegis Network Indonesia; Vira Widiyasari, Senior Vice President Credit Cards Group Bank Mandiri; Dannis Muhammad, Head of Marketing Traveloka; dan Henky Prihatna, Country Industry Head Google Indonesia sedang bersama-sama dalam konferensi pers 'Festival Jalan Jalan', travel fair online terbesar di Indonesia yang berlangsung hari ini di Jakarta. Foto oleh Image Dynamics.

Kebutuhan persiapan liburan

Selain memesan tiket pesawat dan juga hotel, dalam merencanakan liburan, biasanya para travelers juga memperlengkapi diri mereka dengan berbagai peralatan yang menunjang dan informasi hiburan yang ada di tempat tujuannya.

Menurut Blibli.com, deals terbanyak saat ini ada di Jakarta dan juga Bali dengan banyaknya orang yang mencari berbagai macam tiket atraksi pertunjukkan atau hiburan pada tempat destinasi liburannya tersebut.

Selain itu, alat-alat seperti gadget dan kamera juga menjadi barang yang paling dicari oleh customer untuk memperlengkapi liburan mereka agar maksimal.

Untuk Anda yang berencana berlibur di akhir tahun nanti, Festival Jalan Jalan bisa menjadi solusi bepergian dengan harga hemat. Dengan tawaran diskon hingga lebih dari 70 persen, festival ini menawarkan ratusan paket perjalanan wisata dan kamar hotel.

Festival Jalan Jalan digelar sepekan, mulai hari ini, Senin, 21 November hingga 27 November.  Siapapun dapat menikmati program ini dengan cara mengakses website resmi Festival Jalan Jalan.

Festival ini diprakarsai oleh Dentsu Aegis Network dengan dukungan Traveloka, Blibli.com, Google Indonesia dan Bank Mandiri selaku official bank partner. Rappler.com.

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!