Happy Salma ingin mengangkat kisah Chairil Anwar ke panggung teater

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Happy Salma ingin mengangkat kisah Chairil Anwar ke panggung teater
Happy mengaku jatuh hati dengan sosok sang penyair

JAKARTA, Indonesia – Sukses dengan sejumlah pertunjukan teater sepanjang tahun 2016, kini Happy Salma sudah memersiapkan beberapa proyek teater terbaru ditahun 2017 ini.

“Yang tahun ini memang, kan, saya biasa memproduksi pertunjukan semua dari buku karya sastra Indonesia. Jadi dalam waktu dekat ini saya akan ada pertunjukan lagi,” ujar Happy saat dihubungi lewat telepon, Selasa, 24 Januari.

Yang terakhir, Happy sukses dengan gelaran pentas teater Bunga Penutup Abad dari kisah karya penulis Pramoedya Ananta Toer. “Itu akan dipentas ulang tapi tidak di Jakarta. Saya belum bisa kasih tahu di mana, tapi di luar kota. Sudah ada tanggalnya tapi nanti aja. Rencananya Maret,” tambah Happy.

Tak cuma pertunjukan Bunga Penutup Abad, Happy pun akan siap naik panggung lagi Februari mendatang. “Februari, ada Si Kembang untuk Imlek. Jadi dari sastra udah tua sekali,  tahun 40an. Dan penginnya tahun ini saya memproduksi Chairil Anwar tapi mengambil buku dari Hasan Aspahani.”

Kenapa Chairil Anwar? “Dia, kan, simbol perubahan dari puisi di Indonesia. Dan bukan itu saja, kisah hidupnya yang bohemian, lalu bagaimana juga di usianya yang begitu muda dia melahirkan karya-karya yang begitu besar. Tapi juga saya membaca biografi yang ditulis Mas Hasan itu. Saya waktu itu ngobrol sama Agus Noor karena rencana dia yang akan jadi sutradara.”

“Saya mengambil sudut pandang dari biografi dan judul tersebut, saya jatuh hati. Bagaimana kalau perempuan-perempuan di sekitar Chairil itu seperti apa, dan bagaimana pengaruh dia di dalam karyanya. Saya akan mengambil itu.”

Tapi menurut Happy, jika memang rencana soal lakon Chairil Anwar bisa terwujud, ia tidak akan mengambil bagian sebagai pemain. “Yang pasti artis-artis keren. Dan mungkin masih lama, di pertengahan tahun. Saya belum bisa cerita sekarang,” tutup Happy. -Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!