Mantan Puteri Indonesia yang sukses di luar dunia hiburan

Steffi Teowira

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Mantan Puteri Indonesia yang sukses di luar dunia hiburan

ANTARA FOTO

Ada yang terjun ke dunia bisnis, korporat, hingga politik.

JAKARTA, Indonesia — Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw akan segera berlaga di malam final penganugerahaan Miss Universe, pada Senin, 30 Januari, di Manila, Filipina.

Seluruh mata pencinta kontes kecantikan di Tanah Air akan mendukung kiprahnya sebagai calon ratu sejagat 2017 itu. Memang, Puteri Indonesia disebut sebagai perwakilan perempuan yang dianggap sukses memadukan kecantikan luar dalam.

Setiap juara Puteri Indonesia kemudian akan dikirim mewakili negeri di ajang Miss Universe, meski belum ada finalis dari Indonesia yang berhasil merebut mahkota beauty pageant paling tersohor di dunia itu. Tapi Indonesia telah berulang kali masuk sebagai 10 atau 15 besar finalis.

Setelah melepas selempang Puteri Indonesia, para perempuan ini tidak sedikit yang beralih menjadi aktris atau model, meski ada juga yang sukses saat terjun ke dunia bisnis, korporat, bahkan politik. Siapa saja mereka? Berikut 5 di antaranya:

1. Susanty Manuhutu

Susanty Manuhutu. Foto dari Qerja.com

Selesai menuntaskan kewajiban setahun sebagai Puteri Indonesia tahun 1995, Susanty Manuhutu sempat mencoba menjadi reporter TV selama beberapa saat sebelum menetapkan hati di industri energi. 

Kini ia memegang posisi sebagai Advisor Policy, Government & Public Affairs di Chevron di Amerika Serikat.

2. Venna Melinda

Venna Melinda. Foto dari Qerja.com

Cukup sukses menjajak dunia keartisan selama beberapa tahun, Venna Melinda yang memenangkan gelar Puteri Indonesia 1994 kini lebih banyak aktif di dunia politik. Ia kini duduk sebagai anggota DPR RI dari daerah Jawa Timur VI untuk periode 2009-2014. 

Ia merupakan anggota Fraksi Partai Demokrat yang bertugas di Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan, pemuda, olahraga, pariwisata, kesenian, dan kebudayaan.

3. Alya Rohali

Alya Rohali. Foto dari Qerja.com  

Puteri Indonesia tahun 1996 pemegang S2 Magister Hukum dan S2 Magister Kenotariatan Universitas Indonesia ini mulai berkarier sebagai notaris sejak 2012. Ia membuka kantor notaris dan PPAT sendiri di daerah Depok, Jawa Barat, sembari terus sesekali menjadi presenter acara.

4. Zivanna Letisha Siregar

Zivanna Letisha Siregar. Foto dari Qerja.com  

Puteri Indonesia tahun 2008 ini kini selain menjadi news presenter di Net TV juga aktif sebagai Youth Ambassador di Yayasan Jantung Indonesia sejak 2012.

5. Anindya Kusuma Putri 

Anindya Kusuma Putri. Foto dari Qerja.com

Sebelum dimahkotai sebagai Puteri Indonesia 2015, perempuan kelahiran Semarang ini sempat menjadi presenter acara pariwisata di Trans7. Kini ia berkarier sebagai Humanitarian Ambassador di perusahaan financial technology yang berbasis di Singapura, Six Capital.—Rappler.com

Tulisan ini sebelumnya diterbitkan di Qerja.com, sebuah komunitas untuk berbagi informasi mengenai tempat kerja dan gaji di Indonesia.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!