Kini kreator YouTube bisa melakukan live streaming dari ponsel

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kini kreator YouTube bisa melakukan live streaming dari ponsel
Fitur ini bisa dinikmati oleh kreator YouTube dengan jumlah subscriber 10 ribu ke atas

JAKARTA, Indonesia – Segala cara dilakukan YouTube untuk mempermudah komunikasi antara kreator dan penikmat konten mereka. Jika sebelumnya komunikasi dan proses berbagi informasi hanya berjalan satu arah, sejak tahun 2011 YouTube sudah menghadirkan fitur live streaming.

Beberapa momen penting sempat terjadi dengan menggunakan fitur ini. Salah satunya saat tahun lalu YouTube menjadi tuan rumah dari live stream dengan audiens terbanyak sepanjang masa, yaitu Debat Presiden Amerika Serikat 2016. Tidak hanya itu, YouTube juga telah meluncurkan fitur live stream 360 derajat untuk pertama kalinya di dunia, dengan resolusi 4K (Ultra HD).

Tak berhenti di situ, kini YouTube kembali berinovasi dengan membawa fitur live streaming ini ke tahap selanjutnya, yaitu dengan mobile live streaming (live streaming dari ponsel). Fitur ini bisa dinikmati oleh kreator dengan jumlah subscriber sebanyak 10 ribu ke atas.

“Melalui peluncuran ini, kami ingin memberikan kekuatan live streaming kepada lebih banyak tangan-tangan kreatif, agar kreator dapat berbagi pikiran dan kreativitas dengan cara yang spontan, dan lebih dekat lagi kepada penonton mereka,” kata Barbara Macdonald, Product Manager, YouTube lewat rilis media yang diterima Rappler Selasa, 7 Februari.

Fitur mobile live streaming telah terpasang secara langsung di aplikasi YouTube di ponsel maupun tablet. Kreator tinggal membuka aplikasi YouTube, mengetuk tombol capture, dan langsung otomatis live.

Lihat video live streaming yang dilakukan salah satu kreator populer di YouTube, Alex Wasabi di bawah ini.

Video streaming memiliki fitur yang sama dengan video YouTube pada umumnya, yakni dapat dicari melalui rekomendasi playlist dan dapat dilindungi dari pelanggaran hak cipta. YouTube juga bekerja sama dengan ratusan kreator untuk menyempurnakan pengalaman mobile live streaming ini.

Kreator juga bisa mendapat masukan pemasukan dari live streaming. Setelah streaming selesai, video akan secara otomatis tersimpan di channel mereka dan opsi monetisasi dapat diaktifkan.

Seperti pada video YouTube lainnya, community flagging akan bekerja dengan cara yang sama untuk fitur live stream, di mana ada sebuah fitur pelaporan yang tersedia di bagian bawah untuk orang melaporkan konten yang mereka anggap melanggar pedoman komunitas YouTube.

Pedoman kualitas ini berlaku untuk semua konten, komentar, dan chat yang terjadi selama live stream berlangsung. YouTube juga telah meningkatkan sumber daya dengan menambah tim yang didedikasikan untuk mempercepat sebuah ulasan atau penandaan di live stream, sehingga dapat menindaknya secara langsung jika ditemukan konten yang melanggar. -Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!