9 jenis makanan yang bisa jadi mood-booster

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

9 jenis makanan yang bisa jadi mood-booster
Makanan yang kamu konsumsi berpengaruh besar pada mood, lho!

JAKARTA, Indonesia – Di tengah kesibukan dan padatnya agenda tugas atau pekerjaan, ditambah suasana lingkungan sekitar yang mungkin tidak mendukung, rasanya bisa mengobrak-abrik mood seseorang.

Yang tadinya kamu merasa bersemangat di awal hari, tapi karena kejadian atau suasana tertentu, mood pun berantakan.

Kalau mood sudah tak menentu, mengonsumsi makanan yang tepat ternyata bisa jadi salah satu hal yang bisa membangkitkan semangat, lho! Jenis makanannya pun tidak perlu yang canggih-canggih dan terlalu mahal, kok.

Berikut 9 jenis makanan sederhana yang bisa memperbaiki mood-mu yang sempat drop. Tak hanya sehat dan enak, makanan ini bisa jadi mood-booster yang tepat.

Cokelat

Yes!

Mendengar kata “cokelat” saja rasanya sudah bikin mood membaik, apalagi jika memakannya, kan? Memang, cokelat memiliki kandungan antioksidan, termasuk magnesium yang membuat otot-otot menjadi lebih relax, tekanan darah bisa menurun dan sirkulasi darah lebih baik.

Beberapa potong cokelat dengan kandungan cocoa 70 persen (dark chocolate) bisa menurunkan tingkat kecemasan, depresi dan kelelahan. Untuk wanita, cokelat juga bisa meredakan efek premenstural syndrome (PMS) yang kadang bikin senewen.

Cobalah memakan beberapa potong dark chocolate dua hingga tiga kali seminggu dan kamu bisa merasakan sendiri efeknya.

Kopi

Satu gelas kopi bisa membantu tubuh beraktivitas dengan baik sepanjang hari. Mereka yang mengonsumsi kopi setiap hari dipercaya memiliki peningkatan dopamine dan serotonin, zat kimia dalam tubuh yang menangkis emosi negatif.

Salmon

Ikan salmon memiliki zat omega 3 yang sangat tinggi yang diketahui sangat ampuh mengatasi mood swing dan depresi. Omega 3 bisa meningkatkan daya ingat dan meningkatkan konsentrasi juga, lho. Kombinasikan dengan sayuran rebus, harimu dijamin bebas stres.

Telur

Mau diolah jadi orak-arik, rebus, omelet apapun itu, telur adalah sumber protein baik yang bisa membangun dan mempertahankan otot, terutama bagi mereka yang rutin berolah raga.

Telur mengandung vitamin D yang berperan penting dalam urusan sistem ketahanan tubuh yang bisa mencegah kamu dari batuk, demam dan flu. Tak hanya membantu memperbaiki mood dan mengenyahkan depresi, vitamin D juga baik untuk menurunkan berat badan.

Buah berri

Blackberry, blueberry, strawberry atau raspberry adalah pilihan terbaik untuk sarapan. Buah-buahan jenis berri ini mengandung anthocyanidin yang bisa mengurangi inflamasi di tubuh dan sekaligus menurunkan tingkat depresi. Buah-buahan ini juga mengandung antioksidan yang tak hanya baik untuk kulit tapi juga bisa membantu memperlambat penuaan.

Kombinasikan buah-buah ini dengan yoghurt, susu, sereal atau biji-bijian saat sarapan untuk mood-booster.

Kenari

Sebenarnya tak hanya kenari, tapi jenis kacang-kacangan dan biji-bijian lain terkenal kaya kalori dan memiliki sedikit lemak. Tapi memang, di antara semuanya, kenari (walnut) adalah yang terbaik. Tipe snack seperti ini jika dikonsumsi tengah hari bisa melepaskan zat melatonin yang bisa menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes dan mencegah stres. Selain itu, rambut dan kulit yang sehat juga bisa didapat dari konsumsi walnut.

Alpukat

Buah ini mengandung zat serotonin yang bisa membantu otak berfungsi makin maksimal. Selain itu, alpukat dipercaya bisa mengatasi kelelahan dan bisa menaikkan kadar hormon dalam tubuh. Lemak baik dalam alpukat juga bisa membuat kulitmu bercahaya dan memperlancar pencernaan.

Pisang

Pisang adalah buah yang paling bisa menambah energi dengan kandungan potassium-nya. Dengan mengkonsumsi pisang, kamu bisa mengurangi resiko stroke dan jantung berdegup kencang. Pisang juga sumber vitamin B yang baik. Konsumsi pisang satu buah setiap hari untuk mengawali hari sangat dianjurkan untuk mempertahankan mood.

Pasta

Karbohidrat memang dikenal bisa meningkatkan level energi. Dengan kandungan lemak yang tak terlalu besar, past abis ajadi sumber karbohidrat yang baik untuk melepas zat serotonin. Dengan porsi normal dan disandingkan dengan makanan bergizi lainnya, pasta bisa meningkatkan endorphine dan menambah asumsi vitamin B pada tubuh. -Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!