5 alasan mengapa program magang penting untuk dijalani

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 alasan mengapa program magang penting untuk dijalani
Karena magang membuka banyak peluang

JAKARTA, Indonesia – Mengikuti program magang, baik dibayar atau tidak dibayar, membuka peluang bagi seseorang sebelum “mencicipi” dunia karier secara profesional. Magang membuka peluang untuk masa depan karier seseorang.

Banyak yang melalui magang hanya karena kewajiban perkuliahan. Tapi tak sedikit pula yang memilih untuk memperbesar peluangnya dengan mengikuti magang secara sukarela, tanpa kewajiban.

Apapun bentuknya, magang pasti memberi kesempatan yang tak ternilai bagi seseorang. Baik dalam bentuk ilmu, pengetahuan, wawasan dan perluasan jaringan. Semua bermanfaat sebagai modal untuk masa depan.

Jika belum cukup meyakinkan, cermati 5 alasan di bawah ini mengapa magang perlu untuk dijalani sebagai bentuk investasi masa depan.

Pengalaman dunia kerja

Dengan mengikuti magang, maka kesempatan untuk bekerja bersama kalangan profesional pun terbuka. Termasuk kesempatan untuk merasakan dunia kerja yang sesungguhnya. Kesempatan ini juga akan membuka wawasanmu, tentang karier seperti apa yang kamu inginkan di masa depan. Anggap saja magang itu seperti ajang test drive sebelum menentukan karier yang tepat untukmu kelak.

Menambah jaringan

Magang memberimu peluang untuk bertemu dengan banyak orang dari banyak latar belakang. Ini penting untuk memperluas jaringan profesional. Siapa tahu suatu saat, kamu membutuhkan orang tersebut. Dengan lebih banyak berinteraksi dengan para profesional, kamu bisa melihat mendapatkan referensi juga dari mereka. Bahkan mungkin menjadikan mereka mentor pribadimu.

Melengkapi CV

Sebagai mahasiswa, tentu daftar curriculum vitae (CV) atau riwayat hidup menjadi hal yang penting. Itu akan menunjukkan apa saja yang sudah kamu lalui, selain perkuliahan tentunya. Dengan pengalaman magang, CV yang kamu miliki akan bertambah nilainya. Perusahaan pun akan lebih tertarik mempekerjakan seseorang yang jelas-jelas sudah memiliki pengalaman magang sebelumnya.

Belajar mengelola waktu

Kehidupan perkuliahan tentu mengasyikkan. Tapi kehidupan di dunia kerja sangat berbeda dengan yang dijalani saat kuliah. Dengan pengalaman magang, setidaknya kamu sudah “berkenalan” lebih dulu dengan aktivitas, jam kerja dan manajemen kerja. Kamu akan bisa memahami, bahwa saat bekerja, setiap menit pasti berharga. Bagaimana kamu menepati deadline, mengerjakan pekerjaan dengan tuntas, sedikit banyak akan memberimu skill pengelolaan waktu yang baik.

Fondasi karier

Magang itu seperti batu loncatan sebelum ke dunia kerja yang sesungguhnya. Apa yang didapat selama magang akan bisa menjadi fondasi bagi seseorang di kariernya kelak. Karena itu, penting bagi kamu untuk memilih magang di perusahaan yang memang sesuai dengan rencana kariermu di masa depan. Ingat, tak jarang, lho, perusahaan yang lantas mempekerjakan mantan karyawan magangnya sebagai pegawai tetap setelah mereka lulus kuliah. -Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!