7 aturan makan sederhana namun sehat untuk orang super sibuk

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

7 aturan makan sederhana namun sehat untuk orang super sibuk
Gaya hidup modern yang semakin menyita waktu tidak jadi alasan untuk meninggalkan pola makan sehat

JAKARTA, Indonesia – Bagi sebagian besar orang yang menjalani kehidupan di kota besar pasti paham bahwa semakin lama, kesibukan dan segala aktivitas semakin menyita waktu.

Ditambah lagi gaya hidup perkotaan yang super padat yang terkadang membuat orang semakin sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk menjaga kualitas makanan yang dikonsumsinya.

Sekarang ini, kebanyakan dari kita kurang bergerak dan stuck di cubicle kantor atau lebih memilih bersantai di sofa jika memiliki waktu luang. Ditambah lagi, padatnya pekerjaan membuat banyak yang melupakan rutinitas berolahraga.

Setelah menghabiskan satu hari di kantor dan di jalan, rasanya pasti sangat malas untuk memasak makanan sehat. Yang terjadi sehari-hari adalah kita tinggal mengangkat telepon untuk delivery order atau menggunakan jasa ojek online untuk membeli makanan.

Tapi ternyata ada jalan yang lebih tepat untuk kita tetap melakukan beragam aktivitas sekaligus menjalani hidup sehat dengan pola makan yang benar, lho! Dengan beberapa trik sederhana ini, kamu bisa mulai menerapkan aturan sederhana untuk makan sehat. Setelah membaca ini, tidak akan ada alasan lagi untuk melewatkan makanan yang seimbang, ya!

Mem-blender

Ini adalah trik sederhana untuk menghasilkan makanan yang sehat dengan gizi berimbang hanya dalam hitungan menit. Mem-blender. Makanan yang diproses dengan blender bisa berupa sarapan, makan siang, makan malam atau sekadar snack.

Sebut saja smoothie, sup, cocolan dan banyak lagi. Rata-rata semua bahan makanan bisa di-blender. Misalnya buah, sayur dan bahkan daging sekalipun. Coba cari beragam resep makanan blender di internet sebagai inspirasi. Bahkan kamu bisa bereksperimen dengan mencampurkan beberapa makanan dengan tekstur berbeda.

Smoothie, misalnya, sangat ampuh untuk menahan lapar. Jangan lupa menambahkan yogurt rendah lemak dan es krim untuk menambah cita rasa smoothie-mu.

Katering sehat

Mulailah mencari restoran terdekat dari rumah atau kantor. Pelajari mana restoran yang benar-benar menyediakan makanan sehat. Atau coba telusuri katering sehat online yang sekarang tengah menjamur.

Kebanyakan penyedia katering menawarkan menu dengan gizi seimbang dan lengkap. Ditambah lagi, kamu tidak perlu repot-repot harus pergi ke restoran. Tidak semua katering sehat menyediakan makanan yang hambar. Banyak dari mereka yang tetap bisa menyajikan makanan sehat namun enak.

Suplemen protein

Ketika waktu terasa sangat padat dan sedikit yang bisa diluangkan untuk makan, pilihan untuk mengonsumsi protein shakes atau protein bars mungkin tepat. Selain praktis, waktu yang digunakan untuk mengonsumsi jenis makanan ini juga sangat singkat.

Tapi ingat, suplemen protein ini bukan berarti menggantikan porsi makan yang sesungguhnya, ya. Bisa saja mengonsumsinya secara rutin tapi tetap harus diimbangi dengan makanan “sungguhan” dengan gizi berimbang.

Botol minum

Air memegang peranan penting untuk metabolisme tubuh. Tapi terkadang, karena stuck dengan segudang aktivitas, tak jarang banyak dari kita yang melupakan konsumsi air. Jarang minum air putih menjadi hal yang paling sering dilakukan orang-orang yang super sibuk.

Padahl, air mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh. Ibaratnya, apa yang diperlukan tubuh, semua bisa disediakan oleh air. Air membantu sistem hidrasi tubuh. Dan yang terpenting, air putih tidak memiliki kandungan kalori dan bebas gula.

Usahakan untuk selalu membawa botol minuman berisi air di tasmu atau di atas meja kerja. Sekarang banyak jenis dan desain botol yang trendi yang juga bisa melengkapi penampilan, lho. Manfaatkan pula beragam jenis aplikasi di smartphone yang bisa memberi peringatan atau reminder, kapan kita harus meminum air.

Usahakan untuk meminum minimal 3 liter air sehari. Selain baik untuk tubuh, juga baik untuk wajah dan kulit.

Stok makanan

Menjaga stok bahan makanan sehat dan penuh nutrisi bisa membantumu untuk menjaga kebiasaan makan yang baik. Bahkan bisa membantu menurunkan berat badan. Jika stok makanan tersedia, maka keinginan untuk jajan atau memesan makanan dari luar akan hilang.

Selain itu, dengan menyimpan stok makanan sehat, kita bisa lebih tenang untuk menjalani hari-hari dan aktivitas dan tidak harus disibukkan dengan menu makanan. Kuncinya ada di persiapan.

Tak perlu terlalu repot. Luangkan sedikit waktu di akhir pekan untuk merencanakan menu dan berbelanja mingguan. Setelah itu, siapkan bahan makanan yang dibutuhkan dalam kotak-kotak makanan. Saat akan dikonsumsi atau dimasak, tidak butuh waktu yang lama lagi untuk menyiapkan semuanya.

Yang harus selalu ada adalah sayuran dan buah. Terutama buah, yang bisa dibawa ke mana saja. Mulailah dengan menempatkan buah di berbagai tempat. Misalnya pisang di atas meja kerja, jeruk di dalam mobil atau anggur di meja TV.

Pentingnya yoghurt

Jangan lupakan yoghurt untuk semua menu sehatmu. Yoghurt adalah jenis makanan dengan kandungan yang cukup lengkap, kaya kalsium dan protein serta rendah lemak dan kalori.

Temukan jenis yoghurt yang cocok sesuai selera. Misalnya, jika kamu tidak menyukai plain yoghurt, maka bisa ditambahkan dengan buat atau kacang-kacangan utnuk menambah teksturnya.

Sandwich sehat

Tidak butuh waktu lama untuk mempersiapkan sandwich. Tapi jangan lupakan aturan utamanya, dengan mengombinasikan roti gandum, sayuran dan protein. 

Untuk membuat sandwich rendah kalori tanpa harus mengorbankan cita rasa, coba menambahkan alpukat atau acar. Jangan lupa gunakan pula protein yang bebas lemak, ya.

Di atas segalanya, menjalani gaya hidup sehat memang butuh komitmen. Semua tidak terjadi dalam satu malam. Butuh usaha dan rencana. Jika semua sudah dimiliki, maka pola makan sehat akan ringan untuk dijalankan dan secara otomatis menjadi kebiasaan sehari-hari.

Selamat mencoba! -Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!