4 trik mengolah makanan tanpa menggunakan garam

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

4 trik mengolah makanan tanpa menggunakan garam
Meski tanpa garam, makanan yang diolah dengan baik bisa tetap memiliki cita rasa yang menarik!

JAKARTA, Indonesia – Makanan tanpa garam tak selamanya terasa hambar. Memang, dengan garam, semua terasa lebih sempurna. Namun untuk alasan kesehatan, sangat dianjurkan untuk setiap orang menguragi konsumsi garam.

Kandungan sodium yang dimiliki garam memiliki banyak efek samping yang tidak mengenakkan. Garam memiliki efek meningkatkan tekanan darah yang pasti akan menimbulkan masalah kesehatan jangka pendek atau jangka panjang.

Belakangan, tren diet dengan mengurangi garam pun sudah mulai mengemuka. Banyak penyedia jasa layanan katering sehat pun melayani beragam pesanan menu tanpa garam. 

Tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membayar katering sehat tanpa garam. Dengan trik khusus, penggunaan garam bisa digantikan dengan trik memasak dan penggunaan bumbu yang tepat sehingga tetap menjaga cita rasa makanan.

Berikut 4 trik yang bisa digunakan untuk mengolah makanan yang enak tanpa menggunakan garam:

Kaya bumbu

Beragam bumbu bisa digunakan dalam hidangan untuk menggantikan posisi garam. Contohnya blackpepper (merica hitam), oregano atau kau juga bisa menggunakan herb and spice mixes yang biasanya tersedia di supermarket besar. Pilihan bumbu-bumbu ini juga bebas kalori, lho! Jadi bisa ditambahkan sebebasnya dalam campuran makanan kamu.

Tambahan asam

Seperti halnya garam, bumbu lain  yang mengandung kadar asam juga bisa membuat cita rasa makanan jadi lebih menarik. Gunakan cuka apel atau balsamic vinegar untuk campuran pasta atau salad. Kamu juga bisa menggunakan perasan jeruk nipis untuk ayam panggang untuk cita rasa yang lebih kaya.

Rumput laut

Rumput laut memiliki cita rasa yang unik dan bisa ditambahkan nyaris ke segala jenis hidangan. Lebih baik jika menggunakan rumput laut yang sudah dikeringkan dan berbentuk bubuk. Bisa didapatkan di supermarket. Ini bisa menjadi pengganti garam untuk hidangan kamu. Tinggal ditabur atau dicampur ke olahan masakan.

Teknik memasak

Bukan cuma soal pengunaan bahan pengganti garam saja, namun memperbaiki metode memasak juga bisa mempertahankan cita rasa makanan tanpa garam. Misalnya, daripada merebus sayur, lebih baik memasak sayur dengan cara dipanggang atau dibakar. Bisa juga menggunakan teknik slow cooking untuk lebih mempertajam rasa dan mengubah tekstur makanan juga.

Ada banyak trik mengolah makanan yang menarik tanpa harus menggunakan garam. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan lainnya dengan harga miring menggunakan kupon dari Indomaret di sini

-Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!