Daftar peringkat kota di dunia berdasarkan tingkat tekanan stres penduduknya

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Daftar peringkat kota di dunia berdasarkan tingkat tekanan stres penduduknya
Kota Stuttgart, Jerman jadi kota dengan tekanan stres terendah di dunia

JAKARTA, Indonesia —Pasti semua orang mengingkan tinggal dan menetap di kota yang nyaman tanpa tekanan stres yang besar. Bisa berjalan kaki di tengah kota yang bebas atau minim polusi udara. Tidak perlu khawatir kehilangan pekerjaan. Kesehatan jiwa dan raga pun terjamin.

Dan jika poin-poin di atas jadi impianmu, maka mungkin pindah ke Jerman adalah salah satu solusinya.

Berdasarkan hasil studi terbaru yang digagas Zipjet, mereka mengungkap daftar peringkat kota di dunia berdasarkan tingkat tekanan stres penduduknya tahun 2017. Daftar ini dinilai dari banyak aspek. Misalnya tingkat kemacetan lalu lintas, fasilitas transportasi publik, ketersediaan ruang hijau, status finansial penduduk (termasuk level utang), hingga kesehatan fisik dan mental.

Dari 150 kota yang diteliti, 4 dari 10 kota di dunia dengan tingkat tekanan stres terendah ada di Jerman. Stuttgart, kota di bagian selatan Jerman jadi juara di daftar ini. Ada juga Hanover di posisi ketiga, Munich di posisi kelima dan Hamburg di posisi kesembilan, berbagi posisi bersama kota Graz, Austria.

Dari 10 kota dengan tingkat tekanan stres terendah, 9 di antaranya berlokasi di benua Eropa. Hanya 1 kota, yakni Sydney, Australia yang berhasil menghuni posisi kedelapan. Sementara di AS, meski tak masuk 10 besar, kota dengan tekanan stres terendah adalah Seattle.

Studi ini sedikit berbeda dengan beberapa studi lainnya yang sudah dirilis hasilnya. Misalnya, daftar kota yang paling nyaman dihuni, berdasarkan penelitian Economist Intelligence Unit,posisi pertama ditempati oleh Melbourne.

Sementara sebelumnya studi juga digagas oleh World Happines Report yang merilis daftar negara dengan penduduk paling bahagia yang menunjuk Norwegia sebagai juaranya.

Di daftar kota dunia dengan tingkat tekanan stres tertinggi rata-rata didominasi dari benua Asia dan Afrika. Di peringkat pertama ditempati oleh Baghdad, Iran, disusul Kabul, Afghanistan dan Lagos, Nigeria. Sementara Manila, Filipina jadi satu-satunya kota Asia Tenggara yang masuk di 10 besar.

Simak detail peringkat kota di dunia berdasarkan tingkat tekanan stres penduduknya di bawah ini.

—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!