5 hal yang perlu diketahui tentang Terracotta Warriors di Xi’an

Uni Lubis

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal yang perlu diketahui tentang Terracotta Warriors di Xi’an
Kuburan Kaisar Dinasti Qin ini menginspirasi film sekuel 'The Mummy'

XI’AN, Tiongkok —Kota kuno yang letaknya di tengah negeri Tiongkok ini dikenal sebagai ibukota pertama negara Tiongkok 1.200 an. Jauh sebelumnya, 3.000 tahun lalu menjadi ibukota kerajaan Tiongkok. Tiga belas dinasti kekaisaran pernah memerintah Tiongkok Raya dari Xi’an.

Di antara karya besar dinasti kaisar Qin, yang kini menjadi ikon Xi’an adalah Terracotta Warriors, komplek kuburan dinasti Qin dan tentaranya. Temuan arkeologi ini dianggap paling spektakuler di abad ke-20. Produser film The Mummy mendapatkan inspirasi untuk sekuel The Tomb of Emperor Dragon dari situs bersejarah ini.

Pendiri dinasti Qin, Kaisar Qin Shi Huang memerintah Tiongkok bersatu sebagai kaisar pertama pada 221-207 BC. Dia memerintahkan membangun kuburan untuk diri dan keluarga berikut ribuan tentara penjaganya.

 

Ini megaproyek spektakuler sebelum Great Wall, Tembok China. Ada 6.000-an patung tentara yang terbuat dari tanah liat. Rupanya Kaisar ingin sesudah mati pun dikawal tentaranya. Kuburan yang terletak sekitar 40 kilometer di Timur Xi’an ini adalah komplek kuburan terbesar di dunia. Sempat tersembunyi selama 2000-an tahun.

Berikut 5 hal yang perlu kamu ketahui tentang Terracotta Warriors.

Berawal dari penggalian

Kuburan tentara tanah liat ini ditemukan pada tahun1974 ketika seorang petani menggali tanah di pegunungan di dekat Xi’an itu. Penggalian sedalam 28 meter itu menemukan 6000 patung-patung tentara seukuran asli manusia. Sejak itu penggalian terus dilakukan. Mereka juga menemukan kuburan Kaisar Qin.

 

Meskipun ada yang percaya Kaisar terbunuh saat perang di Hubei. Historian percaya pembangunan kuburan ini melibatkan 700 ribuan pekerja. Sekarang dibangun museum di sana. Selain 8000 tentara yang sampai kini ditemukan, juga ada patung kuda, reruntuhan istana, istal, kereta dan perlengkapan lain.

Mati diracun

Kaisar Qin memerintah dengan sadis. Makanya ada yang percaya dia sebenarnya mati karena diracun oleh abdi istana atau selir yang dendam. Kaisar punya 3000-an selir. Qin menyatukan Tiongkok dan menjadikan Xi’anyang sebagai ibukota. Di masa ini Tiongkok stabil dan berkembang secara ekonomi dan politik. Termasuk membangun megaproyek termasuk Tembok China yang menjadi batas wilayah di utara.

Mirip wajah manusia

Tentara tanah liat di museum ini punya wajah yang berbeda-beda. Mirip wajah manusia. Dibuat detail dan menggambarkan tingkat keahlian seniman pembuatnya. Lengkap dengan senjata panah dan kuda. Berdiri tegap dalam formasi siaga tentara dalam mengamankan Kaisarnya.

Teknologi kuno

Arkeolog juga menemukan sekitar 40 ribuan senjata terbuat dari tembaga. Dari panah, pedang, sampai pecut. Hebatnya bahkan sesudah lebih dari 2000 tahun kondisinya masih bagus karena pelapisan yang tergolong canggih. Teknologi kuno Tiongkok ini baru diterapkan oleh Jerman tahun 1937 dan oleh AS tahun 1950-an.

Hanya satu persen

Sejak ditemukan tahun 1974 baru 1% dari total kuburan yang digali dan ditemukan isinya. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!