Enam pesan berharga Jokowi bagi Kahiyang-Bobby di hari pernikahan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Enam pesan berharga Jokowi bagi Kahiyang-Bobby di hari pernikahan

ANTARA FOTO

Pesan itu sempat disampaikan Jokowi dengan menggunakan Bahasa Batak

JAKARTA, Indonesia – Pasangan pengantin baru Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution hampir menuntaskan seluruh rangkaian pernikahan adat Mandailing. Prosesi sudah dimulai sejak hari Senin kemarin, di mana Kahiyang mendapat marga “Siregar” hingga ke resepsi pada akhir pekan.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo ikut menghadiri resepsi pernikahan putrinya itu. Usai mengulosi pasangan pengantin baru tersebut, ia menyampaikan enam pesan berharga yang diharapkan dapat menjadi panduan dalam menjalani bahtera rumah tangga.

Uniknya pesan itu disampaikan menggunakan Bahasa Batak. Sementara, Jokowi sendiri berasal dari Solo.

Pesan pertama, Jokowi berpesan agar Kahiyang dan Bobby saling menyayangi, mencintai dan menjaga tanggung jawab masing-masing.

“Tanggung jawab mencakup tanggung jawab kepada keluarga, masyarakat, agama, bangsa dan negara,” ujar Jokowi.

Pesan kedua, ia berharap agar satu sama lain selalu menebar kasih sayang. Sebab, kasih sayang membawa persatuan dan persatuan membawa kebaikan bersama.

“Selanjutnya ketiga, untuk hidup bahagia maka harus menjaga sopan santun. Jika tidak, maka malapetaka akan datang,” tutur dia.

Pesan keempat, manis bukan hanya di mulut tetapi juga di hati. Artinya, jika berbuat kebaikan, maka harus kebaikan yang dilakukan sepenuh hati tanpa meminta imbal balik.

Kelima, jika ada kemalangan jika tidak diundang maka kita wajib berupaya untuk datang dan menolong. Namun, demikian jika ada kegembiraan, maka kita hanya wajib datang jika diundang,” katanya.

Sementara, pesan terakhir, kalau banyak menanam, maka akan juga memetik hasilnya. Artinya, kita harus berbuat sebanyak-banyaknya kebaikan agar keduanya bisa memetik kebahagiaan.

Kahiyang dan Bobby mengucapkan terima kasih atas nasihat yang disampaikan orang tua mereka. Keduanya akan mengingat nasihat itu dan mengamalkannya.

“Semoga nasihat-nasihat yang diberikan oleh orang tua kami dan raja-raja dapat saya amalkan dan jalani dengan baik bersama Bobby. Terima kasih juga untuk upa-upa (makanan) yang telah diberikan kepada kami,” kata Kahiyang.

Sebelumnya, Kahiyang-Bobby juga menggelar resepsi pernikahan dengan menggunakan adat Solo pada 8 November lalu. – Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!