Fakta di balik bunga Rafflesia Arnoldii

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Fakta di balik bunga Rafflesia Arnoldii

AFP

Hari ini tepat 25 tahun sejak Rafflesia Arnoldii ditetapkan sebagai Bunga Nasional Indonesia

JAKARTA, Indonesia —Tepat 25 tahun lalu di hari ini, Presiden Soehrto menandatangani Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 yang menetapkan Rafflesia Arnoldii sebagai Bunga Nasional Indonesia.

Di hari spesial ini, mari mengenal lagi fakta-fakta di balik si bunga raksasa Rafflesia Arnoldii.

Pertama kali ditemukan di Bengkulu

Wajar saja jika Rafflesia Arnoldii dijadikan satu dari 3 Bunga Nasional Indonesia (dua lainnya adalah anggrek bulan dan bunga melati putih) mengingat bunga ini pertama kali ditemukan di hutan tropis Bengkulu, tepatnya di dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Bengkulu Selatan. Penemuan bunga raksasa ini pertama kali diketahui terjadi tahun 1818.

Karena ditemukan di Bengkulu, maka Bengkulu juga dikenal dengan sebutan The Land of Rafflesia.

Terbesar di dunia

Sebuah bunga Rafflesia Arnoldii bisa tumbuh hingga mencapai ukuran diameter 1 meter. Tapi ada juga yang mencapai diameter 1,05 meter, yakni bunga Rafflesia Arnoldii yang ditemukan di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Tak heran jika bunga ini disebut bunga raksasa. Karena selain bentuknya yang besar, beratnya juga bisa mencapai 11 kilogram.

Tunas bunga Rafflesia Arnoldii juga sangat besar. Dengan bentuk seperti tanaman kol, tunas bunga ini bisa mencapai diameter 30-43 cm. 

Sesuai nama penemunya

Nama Rafflesia Arnoldii diambil dari nama pengusaha  Sir Thomas Stamford Bingley Raffles yang memimpin perjalanan menjelajahi Sumatera. Sementara Arnoldii diambil dari nama Dr. Joseph Arnold yang menemukan bunga tersebut dalam perjalanan bersama Raffles.

Berumur pendek

Karena merupakan tanaman parasit, maka Rafflesia Arnoldii tidak memiliki akar, daun dan tangkai seperti bunga lain pada umumnya. Sayangnya, umur bunga ini saat mekar tergolong pendek. Bunga ini hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari) saja dan setelah itu layu dan mati. Rafflesia Arnoldii pun memiliki bau yang sangat menyengat, seperti daging yang busuk. Tapi aroma yang kuat ini yang justru menarik lalat datang untuk menyerbukinya.

Google Doodle

Untuk memperingati 25 tahun Rafflesia Arnoldii dijadikan Bunga Nasional, hari ini Google merilis gambar animasi bunga ini sebagai Google Doodle.

Terlihat gambar Rafflesia Arnoldi berwarna merah dan cokelat dengan gerakan dari kuncup hingga mekar. 

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!