Thailand

FOTO: Perayaan ‘Deutscher Fussballmeister 2017’ Bayern Munich

Nadia Vetta Hamid

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

FOTO: Perayaan ‘Deutscher Fussballmeister 2017’ Bayern Munich
Tak hanya merayakan gelar juara Bundesliga, Bayern Munich juga berpisah dengan Philipp Lahm dan Xabi Alonso

JAKARTA, Indonesia — Juara Liga Jerman (Bundesliga) FC Bayern Munich menutup musim 2016/2017 dengan kemenangan 4-1 atas SC Freiburg di Allianz Arena, Munich pada Sabtu, 20 Mei. Pertandingan terakhir musim ini bukanlah sekedar perayaan juara yang biasa dilakukan, karena Die Bayern mengucapkan selamat tinggal kepada lima figur di klub. 

DER KAPITÄN. Jersey dan ban kapten terakhir dalam karier sepak bola kapten Bayern, Philipp Lahm. Foto dari fcbayern.com

Kapten Philipp Lahm, gelandang Xabi Alonso, kiper Tom Starke menutup kariernya sebagai pemain; begitu juga asisten pelatih Hermann Gerland dan kepala rehabilitasi Dr Andreas Schlumberger. 

Sebelum pertandingan dimulai, Presiden Bayern Uli Hoeneß dan CEO Karl-Heinz Rummenigge mempersembahkan kelimanya dengan karangan bunga, potret yang dibuat oleh anak-anak dari fanclub dan hadiah personal. 

LEGENDA. Sebelum pertandingan melawan Freiburg dimulai, kapten Philipp Lahm mendapat hadiah personal sebagai ucapan selamat tinggal dari FC Bayern Munich. Foto dari fcbayern.com

 

ADIOS. Pertandingan ini juga merupakan yang terakhir dalam karier gelandang Xabi Alonso. Foto dari fcbayern.com

STARKE. Kiper ketiga Bayern, Tom Starke, juga mengakhiri karier sepak bolanya. Foto dari fcbayern.com

Band alat musik tiup, hormat senjata, dan 26 legenda Bayern termasuk Franz Beckenbauer, Paul Breitner, Lothar Matthäus, dan Oliver Kahn turut serta dalam perayaan ini.

Stadion Allianz Arena dipenuhi oleh sekitar 75.000 fans yang mengenakan jersey dan membawa bendera serta pernak-pernik bernuansa merah-putih, warna khas klub Bavaria ini. Tulisan “Dari seorang anak di kota kita hingga legenda di klub kita” membentang di tribun area selatan, Südkurve, dan juga poster besar der kapitän.

 

DANKE. Sekitar 75.000 fans memenuhi Allianz Arena, Munich, untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Philipp Lahm. Foto dari Facebook.com/fcbayern.en

Pertandingan berlangsung dengan seru. Freiburg berulang kali membuktikan bahwa pertahanan mereka sulit untuk ditembus. Meskipun demikian, Arjen Robben mencetak gol pertama bagi Bayern di menit ketiga dengan gaya cutting inside-nya yang khas. Arturo Vidal mencetak gol kedua, namun tak lama kemudian dibalas oleh Freiburg melalui gol Nils Petersen.

Sayangnya, bek tengah Jerome Boateng mengalami cedera kaki dan harus dibopong keluar lapangan oleh petugas medis.

CEDERA. Bek Jerome Boateng mengalami cedera di pertandingan terakhir ini. Foto dari fcbayern.com

Selanjutnya, duet winger Robben-Ribery “Robbery” menghasilkan gol ketiga yang dicetak oleh Franck Ribery, dan ditutup oleh gol keempat dari pemain muda Joshua Kimmich. Seharusnya, striker Robert Lewandowski dapat dengan mudah mencetak gol di depan gawang Freiburg, namun ia malah memberikan assist kepada Kimmich.

Hasil pertandingan ini membawa Bayern menutup musim ini dengan 82 poin dari 34 pertandingan, 15 poin lebih banyak dari runner-up RB Leipzig. Di awal pertandingan, Lewandowski dan striker Borussia Dortmund Pierre-Emerick Aubameyang sama-sama berada di posisi teratas topscorer Bundesliga dengan 30 gol. Namun, piala Torjäger-Kanone akhirnya dibawa pulang oleh Aubameyang karena ia berhasil mencetak dua gol melawan Werder Bremen.

Usai pertandingan, tibalah saatnya perayaan titel juara Bundesliga oleh tuan rumah. Band alat musik tiup, hormat senjata, dan 26 legenda Bayern termasuk Franz Beckenbauer, Paul Breitner, Lothar Matthäus, dan Oliver Kahn turut serta dalam perayaan ini.

DEUTSCHERMEISTER. FC Bayern Munich meraih juara Liga Jerman ke-27, dan rekor juara lima tahun berturut-turut. Foto dari fcbayern.com

 

Dua pemain yang telah memenangkan segalanya yang mungkin dicapai di karier seorang pesepak bola merayakan gelar terakhirnya bersama-sama. Baik Lahm maupun Alonso pernah meraih gelar juara Liga Champions (Lahm di tahun 2013 bersama Bayern, Alonso di tahun 2005 bersama Liverpool dan 2014 dengan Real Madrid) dan juga Piala Dunia, masing-masing bersama tim nasional Jerman (2014) dan Spanyol (2010).

MEISTERSCHALE. Philipp Lahm dan Xabi Alonso mengangkat trofi Bundesliga, 'Meisterschale'. Foto dari fcbayern.com

DEUTSCHER FUSSBALLMEISTER. FC Bayern Munich berfoto bersama untuk merayakan gelar juara Bundesliga yang ke-27. Foto dari fcbayern.com

Perayaan yang ditunggu-tunggu adalah bierdusche atau mandi bir. Sesuai tradisi klub, para pemain dan segenap anggota tim saling menyirami bir Paulaner dalam perayaan juara Bundesliga. Semuanya basah oleh bir, tak terkecuali pelatih Carlo Ancelotti.

BIERDUSCHE. Asisten pelatih Hermann Gerland menyirami Philipp Lahm dengan weissbier. Foto dari fcbayern.com

BIR. Bek David Alaba menyiram Arjen Robben dengan weissbier. Foto dari fcbayern.com

ANCELOTTI. Pelatih Bayern Munich Carlo Ancelotti pun tak lolos dari siraman bir. Foto dari fcbayern.com

Segenap rangkaian perayaan Meisterschaft ditutup dengan perayaan di balkon Balaikota Munich, Neues Rathaus di Marienplatz.

TERIMA KASIH. "Terima kasih banyak untuk 22 tahun yang hebat, Philipp!" bunyi tulisan yang membentang di balkon Balai Kota Munich. Foto dari fcbayern.com

 

Vielen Dank, Philipp! Gracias, Xabi! — Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!