Hari ke-14 SEA Games: Indonesia gagal menambah medali emas

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Hari ke-14 SEA Games: Indonesia gagal menambah medali emas

ANTARA FOTO

Dominasi tuan rumah Malaysia semakin tidak terkejar dengan meraih 96 medali emas, 64 medali perak, dan 63 medali perunggu

JAKARTA, Indonesia – Pesta olah raga SEA Games memasuki pekan ketiga. Hasilnya, Indonesia gagal meraih medali emas untuk mengejar ketertinggalannya Thailand.

Pada Minggu, 27 Agustus, tim merah putih berhasil menambah perolehan enam medali perak dan empat medali perunggu. Medali perak berasal dari cabang taekwondo melalui Dinggo Ardian Prayogo dan Shalehan Fitriana Yusuf.

Lalu, Horas Manurung di cabang judo, Crismonita Dwi Putri dan Santia Tri Kusuma di cabang balap sepeda. Selain itu, dua medali perak lainnya dipersembahkan tim nasional voli putra dan putri.

Empat medali perunggu dipersembahkan melalui cabang olah raga ski air melalui Alek Hanif, Dini Imaniar, dan Galuh Mutiara Maulidina. Medali yang sama juga diraih di cabang judo melalui Hevrilia Windawati dan cabang olah raga sepeda melalui tiga atletnya yakni Muhammad Nur Fathoni, Puguh Admadi dan Reno Yudha Sansoko.

Terlihat sulit bagi Indonesia mengerek peringkatnya ke atas. Dengan Singapura saja, Indonesia terpaut 17 medali emas. Indonesai masih berada di peringkat kelima dengan total raihan medali 139 buah yang terdiri 31 medali emas, 50 medali perak dan 58 medali perunggu.

Sementara, dominasi tuan rumah Malaysia semakin sulit dikejar. Timnas Malaysia berhasil meraih 223 medali, yang terdiri 96 medali emas, 64 medali perak dan 63 medali perunggu.

Thailand kecewa

Melihat daftar klasemen sementara medali di SEA Games menimbulkan kekecewaan yang mendalam bagi kontingen Thailand. Sebab, selama empat tahun belakangan, mereka selalu menjadi juara umum di pesta olah raga se-Asia Tenggara itu. Namun, pada tahun ini, mereka berada di posisi kedua dengan raihan 54 medali emas, 71 medali perak dan 68 medali perunggu.

Pencapaian tersebut di luar prediksi Ketua Delegasi Thana Chaiprasit. Semula, saat mengikuti SEA Games, timnas Thailand memprediksi akan memperoleh sekitar 80 medali emas.

“Itu sekitar 20 persen di bawah target kami sebelumnya yang ingin meraih 109 medali emas,” ujar Thana.

Ia pun menilai timnas Thailand ikut dirugikan dengan kebijakan tuan rumah yang menghapus beberapa cabang olah raga yang menjadi ladang medali emas bagi mereka. Cabor itu antara lain tinju putri, squash dan es seluncur.

“Mereka hanya menggelar cabang olah raga di mana mereka memiliki kelebihan dan tidak menyelenggarakan cabang olah raga di mana negara lain unggul,” katanya lagi.

Oleh sebab itu, ketika nanti timnas Thailand kembali ke Tanah Airnya, mereka akan mengevaluasi pencapaian di SEA Games dan mencari solusinya.

Berikut daftar klasemen sementara raihan medali di SEA Games 2017:

 – dengan laporan AFP/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!