SEA Games: Raih dua emas, Judo Indonesia juara umum

Adrianus Saerong

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

SEA Games: Raih dua emas, Judo Indonesia juara umum
Dua emas Judo disumbang oleh Mochammad Syaiful Raharjo dan Iksan Apriyadi

JAKARTA, Indonesia — Cabang olahraga judo kembali dikuasai oleh Indonesia setelah Horas Manurung yang turun di kelas -81kg meraih meraih medali perak SEA Games 2017 pada Minggu, 27 Agustus 2017.

Tambahan medali ini membuat koleksi tim judo Indonesia menjadi dua emas, satu perak, serta satu perunggu. Catatan ini membuat Indonesia berhasil keluar menjadi juara umum judo mengalahkan Filipina dan Thailand.

Thailand yang sebelumnya diunggulkan hanya dapat meraih satu emas, dua perak, dan satu perunggu. Sementara Filipina keluar di posisi kedua dengan dua emas dan tiga perunggu.

Pencapaian para atlet judo Indonesia sebenarnya tidak sebaik SEA Games 2015 yang memberikan empat emas. Namun dua emas sudah sesuai dengan target Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI).

“Pada SEA Games 2017, hanya ada enam nomor yang dipertandingkan. Lebih sedikit dibanding saat di Singapura yang melombakan 12 nomor. Tetapi program pelatihan di Korea Selatan sudah mendapat persetujuan dari Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima),”  kata Kepala Tim Judo Indonesia Ni Made Suyudani.

Dua emas Indonesia di cabang Judo berhasil diraih Mochammad Syaiful Raharjo di nomor 66 kilo gram dan Iksan Apriyadi (73kg). Syaiful yang mengalahkan atlet Malaysia Chong Wei Fu mengakui bahwa persiapan menjadi kunci dari keberhasilan Indonesia meraih emas. 

“Lawan di final cukup berat karena merupakan naturalisasi Jepang, tapi karena sudah sering uji coba di Korea, saya terbiasa dengan lawan yang sulit,” kata Syaiful.

Tim Judo Indonesia yang sudah melakukan persiapan seusai SEA Games 2015 Uzbekistan dan Kazakstan sebelum ke Korea Selatan akhirnya keluar menjadi juara umum setelah Horas Manurung berhasil memberikan perak di nomor 81 kilo gram. 

“Apapun hasilnya saya sudah berjuang. Memang sayang karena tidak bisa menambah emas, tapi jujur sebelumnya saya mendapat kendala,” Kata Horas.

Horas yang sebelumnya turun di nomor 90 kilo gram pada SEA Games 2015 harus turun di kelas yang berbeda karena kategori spesialisasinya tidak dipertandingkan pada pesta olahraga kali ini. 

Akan tetapi Sekretaris Jenderal Pengurus Besar PJSI Bachtiar Utomo tetap mengaku puas dengan prestasi tim judo Indonesia di SEA Games 2017. “Kami puas, secara prestasi telah meningkat. Tapi memang tetap perlu evaluasi di nomor-nomor yang kalah,”  kata Bachtiar. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!