Berita hari ini: Jumat, 9 Desember 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Jumat, 9 Desember 2016
Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Jumat, 9 Desember 2016.

Kasus e-KTP, Setya Novanto diperiksa KPK Selasa pekan depan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan meminta keterangan dari Ketua DPR Setya Novanto dalam kasus korupsi proyek e-KTP di Kementerian Dalam Negeri pada Selasa 13 November 2016.

KPK sudah mengirimkan surat panggilan untuk Setya Novanto, Ketua DPR-RI terkait kasus e-KTP. Penyidik akan mengklarifikasi sejumlah informasi untuk memperdalam penyidikan kasus tersebut,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah ketika, Jumat 9 Desember. 

Febri mengatakan dirinya tidak mengetahui materi yang akan ditanya penyidik ke Setya Novanto. “Namun tentu saksi diperiksa karena dipandang mengetahui kejahatan korupsi yang sedang disidik,” kata Febri. Baca berita selengkapnya di sini.

Garuda Indonesia jadi maskapai paling dicintai di dunia

Dua pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, (28/9/2015). Foto oleh ROMEO GACAD/AFP

Maskapai Garuda Indonesia didaulat sebagai maskapai paling dicintai atau “The Worlds Most Loved Airline” di dunia menurut survei SkyTrax.

SkyTrax merupakan lembaga pemeringkat dunia di bidang penerbangan. Dalam survei ini, Garuda menempati peringkat pertama sebagai maskapai paling dicintai dengan suara 85 persen. 

“Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pelanggan serta karyawan karena tidak terlepas dari kerja sama satu tim thousands hands dalam menciptakan brand yang kuat,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia M Arif Wibowo. baca berita selengkapnya di sini.

Usulan penghapusan UN ditolak Wapres, Mendikbud evaluasi penyelenggaraannya

BERDOA. Para siswa terlihat memanjatkan doa sebelum mengikuti Ujian Nasional berbasis komputer pada Senin, 13 April 2015. Foto oleh Gatta Dewabrata/Rappler

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy tidak mempermasalahkan jika usulannya untuk menghapus Ujian Nasional (UN) ditolak dalam sidang kabinet. Dia mengatakan jika memang itu yang disepakati, maka UN akan tetap diselenggarakan.

Dalam sidang kabinet yang digelar di Kantor Presiden pada Rabu, 7 Desember, Wakil Presiden Jusuf “JK” Kalla menolak usulan moratorium UN. JK mengatakan UN masih dibutuhkan untuk menilai mutu pendidikan di Indonesia.

Keberadaan UN sendiri bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Tanpa UN maka akan sulit bagi pemerintah menilai mutu pendidikan di Indonesia.

Muhadjir akan mendalami usulan sesuai dengan arahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Jika UN memang tetap harus diselenggarakan, maka Kemendikbud akan mengkaji kembali pelaksanaannya. Selengkapnya baca di sini.

Ahok akan bangun dua tempat kongkow anak Jakarta

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kiri) dan Djarot Saiful Hidayat (kedua kiri) bernyanyi bersama relawan pada acara penggalangan dana kampanye Ahok-Djarot di Jakarta, Minggu (27/11). Foto oleh Muhammad Adimaja/ANTARA

Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama mengatakan dirinya berencana membangun dua tempat kongkow untuk anak muda Jakarta di di Waduk Kebon Melati, Jakarta Pusat dan Jalan Dr Satrio, Jakarta Selatan.

Dengan adanya tempat kongkow atau co-working space, Ahok berharap anak muda Jakarta bisa lebih mengembangkan kreativitasnya. Rencananya awal tahun depan tempat kongkow itu sudah bisa digunakan.

“Kami sudah sukses menjalankan co-working space di Lantai 3, Jakarta Smart City Lounge, Balai Kota, banyak anak-anak muda yang memanfaatkannya,” kata Ahok di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Desember 2016. Baca selengkapnya di sini.

Presiden Jokowi kunjungi korban gempa Aceh, evakuasi korban sudah 99 persen

Presiden Jokowi saat menjenguk salah satu korban gempa bumi di Rumah Sakit Zainal Abidin, Banda Aceh, Kamis (8/12). Foto oleh BPMI/Kris/setkab.go.id

Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan proses evakuasi terhadap korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, telah mencapai 99 persen. Jumat pag ini Presiden akan meluncur ke Pidie Jaya untuk meninjau langsung situasi di sana.

Presiden Presiden mendarat di Bandara Iskandar Muda, Banda Aceh, dengan pesawat kepresidenan pada Kamis sore sekitar pukul 17.30 wib. Ia, antara lain, disambut Plt Gubernur Aceh Soedarmo dan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek.

Dari bandara, Presiden Jokowi langsung meluncur ke Rumah Sakit Zainal Abidin yang berlokasi di Kota Banda Aceh. Di rumah sakit ini, Presiden menjenguk 23 korban gempa. Selengkapnya baca di sini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!