Berita hari ini: Minggu, 11 Desember 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Minggu, 11 Desember 2016

ANTARA FOTO

Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Minggu, 11 Desember 2016.

SBY hadiri pidato politik cagub DKI Agus Yudhoyono 

 

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Yudhoyono (SBY) menghadiri acara pidato politik keempat calon gubernur DKI, Agus Yudhoyono, pada Minggu siang.

“Hari ini juga ada kejutan bagi saya karena ayah saya, Bapak SBY, juga berkenan menghadiri acara hari ini, terima kasih Pepo,” kata Agus didampingi calon wakil gubernur pasangannya, Sylvina Murni.

Agus mengaku, SBY hampir tidak pernah menghadiri acara-acara kampanye dia. Dalam pidatonya, sebagai pendatang baru di dunia politik, Agus mengatakan mulai mengetahui perbedaan mendasar antara dunia militer dan dunia politik serta antara perang militer dan perang politik.

“Kalau perang militer musuhnya jelas, dan biasanya lokasinya di depan kita. Dalam dunia politik ini musuhnya tidak jelas, bisa di belakang kita, di samping atau di dekat kita sekali,” tutur dia. Selengkapnya di sini.

Kemenlu: Tidak ada WNI jadi korban bom Istanbul 

Polisi Turki memeriksa lokasi kejadian ledakan bom di dekat stadion sepak bola milik klub Besiktas, di Istanbul, pada 10 Desember 2016. Foto oleh Ozan Kose/AFP

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan, hingga saat ini tidak ada WNI yang menjadi korban ledakan bom di Stadion Olahraga Besiktas Vodafone, Istanbul, Turki.

“Hingga saat ini, tidak diperoleh informasi mengenai WNI yang menjadi korban,” kata Iqbal di Jakarta.

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri, saat ini terdapat sekitar 2.700 WNI di Turki, 800 orang di antaranya tinggal di Istanbul dan sekitarnya.

Sebelumnya, dua ledakan bom terjadi di luar Stadion Besiktas Vodafone sekitar pukul 10:20 waktu setempat Sabtu, 10 Desember.Ledakan dari bom mobil yang menyasar polisi antihuru-hara itu menewaskan sedikitnya 29 orang dan melukai 166 orang lainnya.

Pemerintah Indonesia juga meminta para WNI di Turki untuk tetap saling menjaga kontak melalui saluran langsung Perlindungan WNI: +6281290070027, KJRI Istanbul di nomor +90 531 453 0351 (Dandy), dan +90 531 983 1534 (Humaidah). Selengkapnya di sini.

Presiden Jokowi hari ini berkunjung ke India dan Iran 

JOKOWI. Presiden Jokowi diduga menggunakan jasa pelobi untuk bisa bertemu Presiden Amerika Barack Obama. Foto oleh Romeo Gacad/AFP   

Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan bertolak ke India pada hari ini, Minggu petang. Ia akan memulai kunjungan kenegaraan ke India pada 12-13 Desember dan dilanjutkan ke Iran pada 14 Desember. 

Kedua kunjungan ini merupakan kunjungan balasan. Sebelumnya, PM India berkunjung ke Indonesia pada Oktober 2013 dan Presiden Iran pada April 2015.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri merilis bahwa kunjungan kenegaraan ini penting mengingat India dan Iran adalah dua negara yang memiliki potensi kerja sama yang sangat besar. India adalah mitra dagang Indonesia terbesar di Asia Selatan dan sekaligus merupakan mitra terbesar ke-4 di dunia. 

Sedangkan angka perdagangan Indonesia dengan India pada 2015 mencapai 14,45 miliar dolar AS. Selengkapnya di sini.

BMKG: Telah terjadi 74 kali gempa susulan di Aceh 

Karena masjid rusak akibat gempa, warga Pidie Jaya menggelar salat Jumat di halaman masjid. Foto oleh Natashya Gutierrez/Rappler

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat telah terjadi 74 kali gempa susulan gempa bumi 6,5 pada skala richter yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Informasi dari Humas BMKG, Hary T Djatmiko, menyebutkan hingga hari keempat sejak gempa bumi, pada Rabu, 7 Desember, hingga hari ini telah terjadi sebanyak 74 kali.

Masih seringnya terjadi gempa susulan menyebabkan warga korban gempa mengalami trauma dan takut untuk kembali ke rumah. Selengkapnya di sini.

Mantan Menteri Keuangan Mar’ie Muhammad meninggal dunia

Mantan Menteri Keuangan RI Mar'ie Muhammad wafat. Foto dari Twitter/@KemenkeuRI

Mantan Menteri Keuangan Mar’ie Muhammad meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta, pada Minggu dini hari, 11 Desember.

Mar’ie wafat pada pukul 01:37 WIB Minggu dini hari. Ia meninggal berusia 77 tahun. Ia dirawat di rumah sakit pada pertengahan November lalu.

Pria kelahiran Surabaya, 3 April 1939, ini menjabat sebagai Menteri Keuangan semasa Orde Baru pada 1993 hingga 1998. Semasa menjabat, ia dijuluki “Mr Clean” karena komitmennya terhadap pemerintahan yang bersih dan jauh dari korupsi. Selengkapnya di sini. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!