Berita hari ini: Jumat, 17 Maret 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Jumat, 17 Maret 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui.

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Jumat,17 Maret 2017.

Lift di Blok M Square jatuh, 25 pengunjung terluka

Sebuah lift yang berada di pusat perbelanjaan Blok M Square, Jakarta Selatan jatuh dari lantai tujuh. Akibatnya, sebanyak 25 orang terluka.

Menurut keterangan salah satu saksi, bernama Anton, sebelum peristiwa memilukan itu terjadi, lift diketahui dalam keadaan penuh. Anton saat itu tengah berada di lantai tujuh dan ingin turun ke lantai bawah.

Tetapi, pusat perbelanjaan sedang ramai karena warga baru saja menunaikan ibadah salat Jumat.

“Karena sudah penuh, saya terpaksa keluar,” ujar Antoni.

Di saat dia keluar, ternyata alarm masih berbunyi pertanda lift masih penuh. Beberapa orang kemudian turut keluar. Begitu pintu lift tertutup dan bergerak ke bawah, tiba-tiba terdengar bunyi dentuman keras.

“Orang-orang bilang ada lift jatuh. Saya cek turun ke bawah, ternyata lift itu jatuh ke basement,” kata dia. Selengkapnya baca di sini.

Kementerian Kelautan akan tenggelamkan 70 kapal asing di bulan April

KAPAL DITENGGELAMKAN. Kapal asing yang tertangkap pihak berwenang ditenggelamkan di perairan Natuna, Kepulauan Riau, pada 17 Agustus 2016. Foto oleh Humas KKP/Antara

Kementerian Kelautan dan Perikanan akan menenggelamkan 70 kapal perikanan asing dan eks asing pada bulan April. Puluhan kapal itu adalah kapal-kapal yang menangkap ikan secara ilegal dan berhasil ditangkap oleh Satgas 115 sejak awal 2017.

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Muda TNI A. Taufiqoerachman mengatakan 70 kapal yang akan ditenggalamkan statusnya sudah inkracht atau berkekuatan hukum tetap sejak ditangkap oleh Satgas 115 awal Januari kemarin. Satgas ini merupakan bagian dari KKP.

Tetapi, tidak menutup kemungkinan jumlah kapal itu bisa bertambah karena masih ada beberapa kapal perikanan ilegal yang baru-baru ini ditangkap. Armada barat TNI AL baru-baru ini menangkap kapal ikan ilegal asal Malaysia.

Taufiq menjelaskan jika kapal-kapal itu akan ditenggelamkan pada awal Maret lalu. Tetapi agendanya diubah karena beberapa acara kenegaraan.

“Tadinya Maret, tapi kemarin banyak agenda jadi diundur April,” ujar Taufiq. Selengkapnya baca di sini.

Ibox dan Erafone akhirnya jual Iphone 7 dan 7 Plus akhir Maret

iPhone 7 dipajang di Covent Garden, London (16/9/2016). Foto oleh Jack Taylor / AFP

IBox dan Erafone akhirnya memutukan untuk menjual Apple Iphone 7 dan Iphone 7 Plus dalam gerai mereka. Kedua Iphone terbaru tersebut akan sudah bisa dibeli mulai 31 Maret 2017. 

Hal ini terungkap dalam  siaran pers yang dirilis PT Erajaya Swasembada pada Jumat, 17 Maret 2017. Dalam siaran tersebut, peminat Iphone 7 dan 7 plus sudah bisa melakukan pre-order pada 24 Maret.

Iphone 7 dan 7 Plus sendiri telah dirilis secara global pada September 2016 lalu. Salah satu keunggulan Iphone terbaru ini adalah tahan air dan debut. Baca berita selengkapnya di sini.

Revitalisasi Lapangan Banteng dimulai hari ini

Petugas menyapu sampah di kawasan Taman Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (2/3). Foto oleh Aprillio Akbar/ANTARA

Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono melakukan grounbreaking sebagai tanda dimulainya revitalisasi Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat 17 Maret 2017.  

“Lima kali ya tuang semennya, sebagai lambang Pancasila,” kata Sumarsono saat menuangkan semen dan batu sebagai pertanda dimulainya revitaliasi Lapangan Banteng, Jumat 17 Maret 2017. 

Sumarsono mengatakan revitalisasi Lapangan Banteng merupakan salah satu pekerjaan rumah yang dititipkan  Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja “Ahok” Purnama. Baca berita selengkapnya di sini.

Tiket mudik kereta sudah bisa dipesan hari ini

Sejumlah calon penumpang mengantre membeli tiket kereta api di loket Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/3). Foto oleh Aditya Pradana Putra/ANTARA

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Edi Sukmoro mengatakan tiket mudik lebaran 2017 sudah bisa dipesan mulai hari ini, Jumat 17 Maret 2017.

“Kami berharap ini dapat mempermudah masyarakat untuk merencanakan perjalanan jauh hari sebelum keberangkatan,” kata Edi Sukmoro dalam keterangannya.

Menurut kalender, lebaran tahun ini akan jatuh pada 25-26 Juni. Pembelian tiket bisa melalui website PT KAI, call center KAI, maupun melalui aplikasi milik PT KAI yang ada di smartphone. Calon pembeli tiket juga bisa langsung datang ke loket penjualan tiket yang ada di stasiun. Baca berita selengkapnya di sini

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!