Berita hari ini: Jumat, 27 Oktober 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Jumat, 27 Oktober 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Jumat, 27 Oktober 2017.

Menteri Yohana kecewa masih ada perusahaan menggunakan pekerja anak

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengaku kecewa dengan pabrik atau perusahaan yang masih mempekerjakan anak pada pekerjaan yang buruk seperti pabrik pembuatan kembang api. Hal tersebut merujuk kepada apa yang dilakukan oleh PT Panca Buana Cahaya Sukses di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Gudang penyimpanan kembang api milik mereka terbakar pada Kamis, 26 Oktober.

“Menurut saya, bekerja di pabrik petasan sangat membahayakan anak dan dapat mengangganggu perkembangan dan kesehatan fisik anak,” ujar Yohana.

Walaupun sesuai UU Ketenagakerjaan membolehkan untuk mempekerjakan anak berusia 13-15 tahun, namun dengan catatan itu hanya untuk pekerjaan ringan dan tidak menganggangu perkembangan serta kesehatan fisik, mental dan sosial anak. Yohana mengatakan jika perusahaan terbukti melanggar UU Ketenagakerjaan maka mereka dapat dikenakan sanksi sesuai ketentuan berlaku.

“Oleh sebab itu saya mengimbau pemerintah daerah melalui dinas ketenegakerjaan melakukan pengawasan atau pemantauan di perusahaan untuk melihat apakah mempekerjakan anak pada pekerjaan yang buruk dan membahayakan atau tidak,” kata Yohana.

Menurutnya, PT Panca Buana Cahaya Sukses tidak mempekerjakan pekerja anak di gudang mereka.

“Sebab, bekerja di pabrik kembang api sangat membahayakan anak dan menganggu perkembangan dan kesehatan fisik anak,” tutur dia.

Selengkapnya baca di sini.

Golkar resmi usung Ridwan Kamil sebagai calon Gubernur Jawa Barat

ARAHAN. Wali Kota Bandung yang juga bakal calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memberikan arahan saat menggelar Halal Bihalal dan Konsolidasi Relawan Jabar Juara, di Bandung, Jawa Barat, Minggu, 16 Juli. Foto oleh Fahrul Jayadiputra/ANTARA

Partai Golkar akhirnya secara resmi mengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur dalam menghadapi Pilkada 2018 Jawa Barat. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Idrus Marham dalam jumpa pers di kantor DPP Golkar, Slipi.

“Calon gubernur adalah Ridwan Kamil dan Daniel Muttaqien sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat,” kata Idrus.

Ia menjelaskan jika Surat Keputusan (SK) pengusungan pria yang akrab disapa Kang Emil dan Daniel itu sudah ditandatangani tetapi belum diumumkan. Idrus mengatakan pengumuman SK akan dilakukan pada waktu yang tepat.

Saat ditanya kapan SK tersebut ditanda tangani, Idrus enggan menjawab. Lalu, apa alasan Partai Golkar memilih lebih mengusung Ridwan? Ia menjelaskan alasan utamanya karena elektabilitas. Berdasarkan survei Poltracking Indonesia pada Juni lalu, Emil berada di peringkat pertama dengan angka 21,38 persen. Sementara, Dedi Mulyadi berada di posisi kedua di angka 4,88 persen. Selengkapnya baca di sini.

SBY dan Jokowi berbincang di Istana Negara selama satu jam

BERBINCANG. Presiden Joko Widodo ketika berbincang dengan SBY pada 9 Maret lalu. Foto diambil dari akun Twitter @setkabgoid

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo di Istana Negara. Mereka berbincang di area veranda selama sekitar 10 menit di beranda Istana.

Jokowi terlihat menyuguhi SBY dengan lemper dan teh. Lalu, Jokowi mengajak SBY untuk berbincang di ruang kerja selama sekitar 1 jam.

SBY kemudian meninggalkan Istana. Belum ada pernyataan baik dari pihak Istana atau SBY. Juru bicara DPP Partai Demokrat Rachland Nashidik hanya mengonfirmasi adanya pertemuan tersebut.

“Hasil pertemuan akan disampaikan SBY melalui akun Twitternya,” kata dia.

Terakhir kali kedua pemimpin berbicara di Istana pada 9 Maret lalu.

Selengkapnya baca di sini.

Anggaran pembangunan gedung baru DPR dimasukan ke dalam APBN 2018

GEDUNG BARU. Anggaran untuk pembangunan gedung baru DPR telah dimasukan ke dalam APBN 2018. Oktober 2014. Foto oleh Adek Berry/AFP

Anggota DPR segera memiliki gedung baru. Anggaran pembangunan gedung baru sudah resmi masuk pada tahun 2018 dan sudah disahkan dalam sidang paripurna pada Rabu kemarin.

“Itu masuk ke dalam nomenklatur Kesetjenan DPR,” ujar Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di gedung DPR.

Wakil Ketua Banggar Jazilul Fawaid mengatakan anggaran pembangunan gedung baru berada dalam anggaran Rp 5,7 triliun. Pembangunan gedung masuk dalam program penataan kawasan parlemen yang menelan biaya Rp 601 miliar.

“Iya, bagian dari Rp 5,7 triliun. Salah satunya pembangunan gedung. Cuma, kalau di banggar bicara besarannya saja diusulkan. Sebab, yang disebut dengan RAPBN itu dibuat oleh pemerintah. Tugas DPR memberikan persetujuan, membahas dan memberikan persetujuan,” kata Jazilul.

Ia menegaskan anggaran pembangunan gedung baru diajukan oleh pemerintah. Sementara, gedung baru rencananya akan dibangun oleh Kementerian PUPR.

“Pelaksanaannya kemungkinan PU. Kalau yang mengajukan itu satkernya (satuan kerja) Setjen,” tutur dia. Selengkapnya baca di sini.

Jusuf Kalla minta Anies-Sandi jadikan Jakarta masuk 10 besar kota terbaik di dunia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno. FOTO oleh Rosa Panggabean/ANTARA

Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjadikan Jakarta masuk dalam 10 besar kota terbaik di dunia.

“Ya, tadi Pak Wapres Jusuf Kalla meminta kita usahakan bagaimana Jakarta bisa masuk sepuluh kota terbaik di dunia,” kata Anies Baswedan usai bertemu Wapres JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis 27 Oktober 2017.

Dalam pertemuan tersebut, Jusuf Kalla dan Anies-Sandi juga membahas sejumlah persoalan yang hingga kini masih dihadapi Jakarta, seperti kemacetan, kebersihan, manajemen air, penanganan banjir, dan penataan kampung kumuh.

Jusuf Kalla juga meminta Anies-Sandi membenahi drainase. Kalla bahkan menunjukkan foto-foto drainase di Istanbul, Turki, untuk dicontoh. 

Ini Pak JK secara khusus memotret selokan di Istanbul yang penutupnya besi berlubang sehingga bisa dengan mudah dibersihkan,” katanya. Baca berita selangkapnya di sini.

—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!