Berita hari ini: Selasa, 5 Desember 2017

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

%

%

%

%

%

%

%

%

Hello!

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Selasa, 5 Desember 2017.

Terima tamu negara, Menteri ESDM Ignasius Jonan batal diperiksa KPK sebagai saksi

KETERANGAN PERS. Menteri ESDM Ignasius Jonan memberikan keterangan pers terkait tarif tenaga listrik di gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu, 21 Juni. Foto oleh Widodo S Jusuf/ANTARA

KETERANGAN PERS. Menteri ESDM Ignasius Jonan memberikan keterangan pers terkait tarif tenaga listrik di gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu, 21 Juni. Foto oleh Widodo S Jusuf/ANTARA

Menteri EDSM Ignasius Jonan batal diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin, 4 Desember sebagai saksi kasus suap mantan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antonious Tonny Budiono. Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha mengatakan Jonan telah mengirimkan surat yang menyatakan ia tidak hadir karena menerima tamu negara.

"Yang bersangkutan tidak bisa hadir dan akan dijadwalkan ulang dengan alasan ketidakhadiran sebelumnya yaitu menerima Menteri Energi Ethiopia," ujar Priharsa kepada media di gedung KPK.

Ia mengatakan penyidik membutuhkan keterangan dari Jonan ketika ia dulu masih menjabat sebagai Menteri Perhubungan. Penyidik ingin menggali informasi mengenai praktik suap perizinan untuk pengadaan beberapa proyek di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut tahun anggaran 2016 dan 2017.

"Pak Jonan kan kapasitasnya sebagai mantan Menteri Perhubungan. Penyidik beranggapan Pak Jonan memiliki informasi yang dapat membantu proses penyelidikan," kata dia.

Tonny ditangkap oleh penyidik KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada 23 Agustus lalu karena diduga telah menerima uang suap dari beberapa pihak. Ia ditangkap di Mess Perwira di Gunung Sahari dengan alat bukti uang tunai Rp 18,9 miliar yang disimpan dalam 33 tas kecil.

- Rappler.com

X

Ayo langganan Indonesia wRap