Berita hari ini: Minggu, 10 Desember 2017

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

%

%

%

%

%

%

%

%

Hello!

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Minggu, 10 Desember 2017.

Presiden PKS ancam boikot produk Amerika Serikat

Presiden PKS Sohibul Iman saat berorasi dalam aksi bela Palestina di depan Kedubes AS, Jakarta, Minggu (10/12). Foto diambil dari M Hilal/PKS.id

Presiden PKS Sohibul Iman saat berorasi dalam aksi bela Palestina di depan Kedubes AS, Jakarta, Minggu (10/12). Foto diambil dari M Hilal/PKS.id

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengancam akan memboikot produk-produk Amerika Serikat jika Donald Trump tak mengubah kebijakannya menjadikan Yerusalem sebagai ibukota Israel.

"Kami menuntut dalam surat itu agar pemerintah AS menyadari kesalahan dan mencabut keinginannya untuk menjadikan Yerusalem sebagai ibukota Israel," kata Sohibul saat berorasi di depan Kedubes Amerika Serikat, Jakarta Pusat, Minggu 10 Desember 2017.

Surat yang dimaksud adalah surat terbuka untuk Donald Trump. Namun Sohibul Iman tak membacakan isi surat tersebut. Ia hanya mengatakan surat antara lain berisi permintaan kepada pemerintah Amerika untuk membatalkan niat mereka menjadikan Yerusalem sebagai ibukota Israel.

"Saya telah menyelesaikan surat terbuka kepada Donald Trump mudah mudahan surat terbuka ini sudah kita kirimkan," kata Sohibul.

Bisa surat tersebut tidak direspon, Sohibul melanjutkan, maka pihaknya akan melakukan pemboikotan terhadap produk Amerika.

“Kalau itu tidak diikuti juga maka boikot produk AS itu adalah opsi yang mungkin kami pikirkan," kata Sohibul. Baca berita selengkapnya di sini.

Setya Novanto disebut mundur dari Ketua DPR, Pengacara: Saya tidak tahu

Setya Novanto. Foto oleh M. Agung Rajasa/ANTARA

Setya Novanto. Foto oleh M. Agung Rajasa/ANTARA

Setya Novanto dikabarkan telah mengirimkan surat pengunduran dirinya sebagai Ketua DPR dan menunjuk politisi Golkar Aziz Syamsuddin sebagai penggantinya.

Namun pengacara Novanto, Maqdir Ismail, mengatakan dirinya tidak tahu tentang surat pengunduran dan penunjukan Aziz Syamsuddin tersebut. “Saya tidak mempunyai informasi dengan kegiatan beliau masalah ini," kata Maqdir, Minggu 10 Desember 2017.

Surat pengunduran diri Setya Novanto diungkapkan oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Menurut Fahri, selain mengundurkan diri, Novanto melalui surat tersebut juga menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai penggantinya.

Fahri mengatakan pimpinan DPR segera menggelar rapat setelah surat fisik itu diterima. "Biasanya kalau penting kita selalu rapim," ujar Fahri. Baca berita selengkapnya di sini.

Sebelas provinsi KLB difteri, imunisasi serentak digelar besok

Foto dari dokumen hellosehat.com

Foto dari dokumen hellosehat.com

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Oscar Primadi mengatakan saat ini sudah ada 11 provinsi yang melaporkan kejadian luar biasa (KLB) akibat difteri.

"Pada kurun waktu Oktober–November 2017 ada 11 provinsi yang melaporkan terjadinya KLB Difteri di wilayah kabupaten/kotanya," kata Oscar Primadi dalam keterangan tertulis, Minggu 10 Desember 2017.

Sebelas provinsi tersebut yakni Sumatera Barat, Jawa Tengah, Aceh, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Kementerian Kesehatan, lanjut Oscar, akan menggelar imunisasi secara serentak di tiga provinsi, yaitu Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta. Imunisasi serentak ini digelar untuk pencegahan terhadap difteri.

“Karena prioritas melihat kepadatan penduduk (di tiga provinsi tersebut), tingkat penularan bisa terjadi lebih cepat. Bukan berarti yang lain tidak tapi yang lain akan dilakukan setelah 2018," kata Oscar. Baca berita selengkapnya di sini.

Indonesia terpilih jadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket tahun 2023

TUAN RUMAH. Indonesia bersama Jepang dan Filipina terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket FIBA pada tahun 2023. Foto diambil dari akun instagram @FIBA

TUAN RUMAH. Indonesia bersama Jepang dan Filipina terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket FIBA pada tahun 2023. Foto diambil dari akun instagram @FIBA

Indonesia bersama Filipina dan Jepang akhirnya terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Basket Federasi Bola Basket Internasional atau FIBA pada tahun 2023 mendatang. Kepastian itu diperoleh usai memenangi putaran final pemilihan calon tuan rumah piala dunia FIBA 2023 di Jenewa, Swiss.

Indonesia mengalahkan pesaing lainnya yakni Argentina dan Uruguay. Kedua negara itu juga mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama.

Ini merupakan kali pertama tuan rumah Piala Dunia Bola Basket FIBA dilaksanakan di lebih satu negara. Sebelumnya, kejuaraan piala dunia bola basket itu digelar di Spanyol pada tahun 2014. Sedangkan, tahun 2019 akan digelar di Tiongkok.

Menurut Sekjen FIBA Patrick Baumann, terpilihnya Indonesia, Filipina dan Jepang karena mereka memiliki semangat yang tinggi dalam menyiapkan diri. Jumlah penduduk ketiga negara yang mencapai lebih dari 500 juta jiwa, di mana mayoritas berusia muda juga menjadi daya tarik tersendiri.

"Kami telah meninjau kesiapan semua calon tuan rumah. Indonesia bersama Filipina dan Jepang adalah perpaduan tepat untuk diberi kesempatan menjadi penyelenggara ajang basket tertinggi di dunia ini," ujar Baumann.

Sementara, Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) Erick Thohir mengatakan terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah tidak sekedar torehan sejarah.

"Ini juga bentuk kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia. Kami harus menjawab kepercayaan ini dengan menjadi tuan rumah yang baik," tutur Erick dalam keterangan tertulis. Selengkapnya baca di sini.

Tiga orang terduga teroris ditangkap di Jawa Timur

Kepala Biro Penmas Divisi Humas Mabes Polri Komisaris Besar Muhammad Iqbal mengatakan pihaknya telah menangkap tiga orang terduga teroris di tiga daerah berbeda di Jawa Timur, yakni di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Malang.

"Benar, Polri mengamankan tiga orang terduga teroris pada Sabtu (9/12) di Jawa Timur," ujar Muhammad Iqbal ketika dikonfirmasi dari Surabaya, Minggu, 10 Desember 2017.

Ketiga orang yang ditangkap tersebut yakni Paripung Dhani Pasandi (Sidoarjo), Muhidin Gani alias Abu Faros alias Deni (Kota Surabaya), dan Kiki Rizky Abdul Kadira alias Kiki alias Abu Ukasah (Malang).

Iqbal mengatakan penangkapan terhadap ketiga orang ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap aksi teror yang direncanakan oleh jaringan teror. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

X

Ayo langganan Indonesia wRap