Berita hari ini: Rabu, 20 Desember 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Rabu, 20 Desember 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Rabu, 20 Desember 2017.

Amankan perayaan Natal dan Tahun Baru, Polda Jatim siagakan 19 ribu personel

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan pihaknya akan mengerahkan sekitar 19 ribu personel untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

“Seluruh Jawa Timur ada sekitar 19 ribu personel dari Kepolisian. Juga ada tambahan dari unsur TNI, dan instansi lainnya,” kata Irjen Pol Machfud Arifin usai koordinasi pengamanan perayaan Natal dan Tahun baru di Gedung Tri Brata, Mapolda Jatim, Rabu 20 Desember 2017.

Machfud mengatakan polisi bersama TNI akan berupaya semaksimal mungkin memberikan rasa aman, nyaman kepada masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun baru. “Prinsipnya Polda Jawa Timur, TNI dan instansi terkait, siap mengamankan perayaan Natal dan Tahun baru.” Baca berita selengkapnya di sini

Pilgub Jabar: Ridwan Kamil tunda umumkan calon wakilnya

Ridwan Kamil saat menghadiri Deklarasi Cagub Jabar oleh Partai Nasdem di Monumen Bandung Lautan Api Lapangan Tegalega Kota Bandung, Minggu 19 Maret. Foto oleh Yuli Saputra/Rappler.

Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunda pengumuman calon mendampinginya yang akan maju dalam dalam Pilkada Jabar 2018. 

“Agak tertunda sedikit karena masih butuh waktu mensosialisasikan hasil dari opini tokoh-tokoh Jabar,” kata Ridwan Kamil di Pendopo, Kota Bandung, Rabu 20 Desember 2017.

Pria yang akrab disapa Emil ini sebelumnya akan mengumumkan Cawagubnya pada Rabu ini. Salah satu alasan penundaan karena sulitnya menguhubungi pimpinan partai-partai koalisi.  

“Bukan masalah alot, daftar check list yang harus dihubunginya masih panjang gitu. Kan pas ditelepon ga ada, jadi masih ada daftar check list yang harus dikontak,” katanya. Baca berita selengkapnya di sini.

Kemenkumham usulkan remisi 15 hari untuk Ahok

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berjalan menuju ruang sidang saat sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama di auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa, 21 Februari. Foto oleh Agung Rajasa/ANTARA

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengusulkan pemberian remisi 15 hari kepada terpidana kasus penodaan agama Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama. Pemberian remisi ini terkait dengan perayaan Natal.

“15 hari, itu masih usulan,” kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di sela acara Refleksi Akhir Tahun 2017 Kementerian Hukum dan HAM di gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Rabu 20 Desember 2017.

Yasonna mengatakan pemberian remisi 15 hari sesuai dengan aturan perundang-undangan, di mana Ahok telah menjalani masa pidana penjara selama enam bulan.

“Kalau inginnya orang-orang kan ada yang minta lebih dari segitu tetapi kan aturan harus sesuai dengan aturan perundang-undangan,” kata Yasonna. Baca berita selengkapnya di sini.

Jadi Ketua Umum Golkar, Airlangga dikukuhkan hari ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Setya Novanto. Foto oleh ANTARA

Airlangga Hartarto akan dikukuhkan sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada forum Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Jakarta Convention Center, Jakarta, hari ini.

Tadinya pengukuhan Airlangga akan dilakukan Selasa malam kemarin tapi tertunda karena DPD I dari seluruh Indonesia dan Ormas Partai Golkar  mengusulkan tiga opsi periodesasi kepengurusan.

Tiga opsi masa kepengurusan itu adalah opsi sampai 2019, opsi sampai 2019 tapi bisa diperpanjang sampai 2020 dengan persetujuan Rapimnas, dan terakhir sampai 2022.

Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono mengatakan tiga opsi itu membuat pengukuhan terhadap Airlangga ditunda menjadi Rabu ini.

Airlangga sendiri terpilih secara bulat sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada rapat parpurna pemandangan umum yang digelar Selasa malam, 19 Desember 2017.

Agung mengatakan periode kepemimpinan Airlangga akan ditentukan pada hari ini. “Semua tergantung hasil keputusan di Munaslub, karena Munaslubnya kan masih berjalan,” kata Agung Laksono. Baca berita selengkapnya di sini.

 —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!