Bom panci di Kampung Melayu mirip bom panci Bandung

Rappler.com
"Kami menemukan dari pelaku struk pembelian panci di minimarket di Padalarang,"

 Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menunjukkan barang bukti serpihan bom Kampung Melayu di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (25/5). Foto oleh Reno Esnir/ANTARA

JAKARTA, Indonesia — Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan panci yang digunakan pelaku bom bunuh diri di Terminal Kampung Melayu mirip dengan panci yang digunakan pelaku bom di Bandung.

“Kami menemukan dari pelaku struk pembelian panci di minimarket di Padalarang,” kata Setyo saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis 25 Mei 2017.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua ledakan terjadi di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, pada Rabu malam sekitar pukul 21.00 WIB. Polisi menduga ledakan tersebut adalah bom bunuh diri.

Hasil olah perkara yang dilakukan petugas di lokasi ledakan juga menunjukkan adanya dugaan kedua pelaku meledakkan diri dengan menggunakan bom panci.

Apalagi, dari terduga pelaku, polisi juga menemukan struk pembelian panci di sebuah minimarket di Padalarang, Jawa Barat. Dari struk tersebut diketahui pelaku membeli panci pada Senin (22/5) atau dua hari sebelum aksi bom bunuh diri. 

Panci yang digunakan oleh terduga pelaku bom bunuh diri di Terminal Kampung Melayu ini, Setyo Wasisto melanjutkan, mirip dengan panci yang digunakan pelaku bom panci di Cicendo Bandung pada Februari 2017.

Namun, Setyo Wasisto melanjutkan, pihaknya masih menyelidiki apakah dua jaringan ini punya hubungan dalam kelompok teroris. “Mengenai struk pembelian ini akan kami dalami lagi,” katanya. —Rappler.com