5 pernyataan Jokowi terkait bencana asap di Sumatera dan Kalimantan

Rappler.com
5 pernyataan Jokowi terkait bencana asap di Sumatera dan Kalimantan
Jokowi meminta penegak hukum ambil tindakan hukum yang tegas bagi pihak pembakar hutan

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengeluarkan 5 pernyataan terkait bencana asap yang melanda sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan dalam sela-sela kunjungannya ke Qatar, Senin, 14 September. 

Berikut pernyataannya:

  1. Meskipun saya sedang melakukan kunjungan kenegaraan di Arab Saudi, Persatuan Emirat Arab, dan Qatar, saya terus mengikuti dan perkembangan kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan serta terus melakukan komunikasi dengan menteri dan pejabat terkait.
  2. Pada hari ini, saya kembali menginstruksikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Panglima TNI, Kapolri, Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), dan kepala-kepala daerah terkait untuk secara lebih cepat melakukan langkah-langkah terkoordinir dan memobilisasi semua kapasitas untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ditimbulkan.
  3. Saya juga telah meminta kepada penegak hukum untuk mengambil tindakan hukum yang tegas bagi pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap terjadinya kebakaran hutan, termasuk pencabutan izin hak pengelolaan hutan yang diberikan pemerintah. Sekali lagi saya ingin tegaskan bahwa tindakan hukum akan diambil dengan sangat tegas.
  4. Saya meminta pada pemerintah daerah setempat agar pelayanan kesehatan kepada warga terdampak segera ditingkatkan.
  5. Saya meminta kepada Pangima TNI dan Kapolri untuk menambah bantuan pasukannya untuk membantu memadamkan api di lapangan. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.