Jelang libur natal dan tahun baru, pengguna transportasi publik mulai melonjak

Rappler.com
Jelang libur natal dan tahun baru, pengguna transportasi publik mulai melonjak
Lonjakan terpantau baik untuk pengguna transportasi darat, laut maupun udara

JAKARTA, Indonesia — Menjelang  periode cuti bersama liburan Natal dan tahun baru 2016, jumlah pengguna transportasi publik mulai melonjak. 

Di Pelabuhan Merak di Kota Cilegon, Banten, misalnya, jumlah penumpang telah mengalami kenaikan sejak akhir pekan lalu.

Data PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak mencatat bahwa sejak 18 hingga 20 Desember, telah terjadi 267 penyeberangan dari Merak ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Jumlah ini 5,1 persen lebih banyak dari periode yang sama tahun lalu.

Penumpang yang ingin menyeberang ke Bakauheni dari Merak terpantau kebanyakan berasal dari kawasan Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Bandung. 

Sementara dalam wawancara dengan MetroTV, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro memprediksi bahwa pengguna kereta api juga akan naik selama periode liburan akhir tahun ini jika dibandingkan periode biasa.

Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan sejumlah armada tambahan. Di Stasiun Gambir, Jakarta, misalnya, telah tersedia empat rangkaian kereta tambahan untuk penumpang dengan tujuan ke berbagai wilayah di Pulau Jawa.

Jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir juga terpantau mulai melonjak. Pada Minggu, 20 Desember, lalu jumlahnya adalah sebanyak 9.587 orang. Sedangkan pada Senin, 21 Desember, penumpang yang berangkat sudah mencapai 3.284 orang.

Selain itu, Edi juga mengungkapkan bahwa karyawan-karyawannya siap untuk tak mengambil cuti hingga 5 Januari mendatang, demi memastikan pelayanan PT KAI tetap optimal selama liburan akhir tahun. 

Bagaimana dengan pengguna transportasi udara?

Dari pantauan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Pekanbaru, melonjaknya penumpang transportasi udara pada liburan akhir tahun diperkirakan sebesar sekitar 8 persen.

“Kami perkirakan penumpang pesawat akhir tahun ini terjadi lonjakan 8 persen. Untuk itu, kami membuka posko pengaduan mulai 18 Desember lalu sampai 8 Januari 2016,” papar General Manager Bandara Internasional SSK II Jaya Tahoma Sirait di Pekanbaru awal pekan ini. Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.