5 hal yang kamu perlu tahu dari Damayanti Wisnu Putranti

Rappler.com
5 hal yang kamu perlu tahu dari Damayanti Wisnu Putranti
Dari “menyalip” perolehan suara petahana sampai suka warna ungu

 

JAKARTA, Indonesia—Inisial DWP, politisi yang terkena terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, tak lain adalah Damayanti Wisnu Putranti. Yanti, begitu dia biasa disapa, adalah kader muda dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

1. Mengalahkan perolehan suara petahana di Dapil IX

Pada Pemilu 2014, ia maju sebagai calon legislatif  Dapil Jawa Tengah IX, yang meliputi Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes. Ia berhasil mengalahkan caleg incumbent (petahana), Dewi Aryani dengan perolehan 67.650 suara. Sedangkan Dewi Aryani yang hanya mendapatkan 52.319 suara.

Saat ini Yanti adalah Kepala Departemen Pertanian dan Perikanan di DPP PDIP. Yanti dikenal familiar dengan bidang pertanian dan terlibat langsung memberikan penyuluhan seorang pensiunan Departemen Pertanian dan salah satu pendiri dari Akademi Usaha Perikanan Jakarta (AUP).

2. Suka warna ungu

Ibu dari empat orang anak ini, menyukai warna ungu. Kesukaannya terhadap warna ungu terlihat pada gaya berbusana yang sering dia kenakan dalam berbagai kesempatan, termasuk saat menghadiri rapat di DPR RI. Bahkan ruang kerja dia di lantai 6 Gedung Nusantara 1 dipercantik dengan warna ungu, mulai dari dinding, meja, kursi, lemari, dan aksesoris.

3. Gelar master dari dua perguruan tinggi berbeda

Yanti meraih gelar sarjana Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Parahyangan, Bandung. Ia melanjutkan studi pasca sarjana di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta (2007) , dan pasca sarjana Magister Hukum, Universitas Sultan Agung, Semarang (2013).

4. Tim sukses beberapa calon kepala daerah

Yanti juga banyak mengenyam pengalaman politik dengan menjadi anggota tim sukses dan tim pemenangan pilkada di banyak daerah. Di antaranya di Tim Pemenangan Pilkada di Gianyar, Kota Salatiga, Pemalang, Kota Tegal, Kota Magelang, DKI Jakarta (Jokowi-Ahok) dan terakhir di Brebes sendiri dimana Bupati Brebes sekarang Idza Priyanti terpilih di 2012.

5. Wara-wiri Jakarta-Tegal

Yanti memiliki empat anak. Kecintaan dan tanggung jawabnya sebagai orangtua diwujudkan dalam bentuk menjenguk anak-anaknya yang menempuh pendidikan di Tegal, Jawa Tengah. Ia sering pulang-pergi Jakarta-Tegal untuk menengok anaknya yang tinggal di Tegal, dengan mengendarai sendiri mobilnya.  Baru kalau kondisi badannya kurang fit, ia menggunakan jasa sopir. —   Rappler.com

BACA JUGA

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.