Olimpiade Rio 2016 luncurkan 13 poster resmi

Rappler.com
Olimpiade Rio 2016 luncurkan 13 poster resmi
Olimpiade biasanya hanya memiliki satu poster, tapi Olimpiade Rio merilis 13 poster resmi

JAKARTA, Indonesia — Poster resmi adalah tradisi sejak Olimpiade 1912 di Stockholm, Swedia. Diseleksi panitia penyelenggara olimpiade, setiap poster menjadi warisan sejarah dari tiap olimpiade.

Direktur kebudayaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Carla Camurati, menyatakan ada 13 poster bagi Olimpiade Rio untuk menekankan keberagaman di Brasil.

“Sulit bagi kami di Brasil untuk memilih satu seniman guna mewakili olimpiade ini, atau mewakili poster resmi,” kata Camurati saat merilis poster resmi Olimpiade Rio di Museum of Tomorrow, pada Selasa, 12 Juli.

“Penting bagi kami dan Olimpiade Rio untuk memperlihatkan Brasil sebagaimana adanya, dengan semua warna, kecerahan, dan kecantikan dari bercampurnya orang-orang yang ada di sini; keberagaman dari latar belakang kami.”

Poster-poster itu sebagian besar berwarna kuning terang, hijau, merah, dan biru serta berfokus pada simbol klasik Rio. Foto dari Olympic.org

Poster-poster itu sebagian besar berwarna kuning terang, hijau, merah, dan biru serta berfokus pada simbol klasik Rio: atlet pelari di Pantai Copacabana, pemuda berkulit gelap di perkotaan kumuh (favela) Rio, dan motif-motif terkait ikan, alam, serta lautan. 

Ada juga poster-poster yang menggambarkan ikon Olimpiade, yaitu kelima cincin serta obor Olimpiade. Beberapa poster bersifat abstrak, memperlihatkan permainan warna. Salah satu poster menampilkan lapangan-lapangan olahraga, sementara poster lain tampak seperti langit malam berbintang. 

“Poster-poster ini melambangkan Brazil dan olimpiade dalam sudut pandang yang sangat beragam, dari anak kecil dengan layangan, obor olimpiade, cincin olimpiade, dan seterusnya,” kata Camurati. 

“Ini adalah suatu koleksi,” ujar Camurati. “Satu poster untuk setiap selera. Satu poster untuk setiap orang. Satu poster untuk setiap bagian dari negara ini.” 

Poster-poster Olimpiade Rio ditempatkan di museum untuk pertama kali diperlihatkan pada publik hingga 22 Juli. Foto dari Olympic.org

Salah satu seniman yang mendesain poster resmi Olimpiade Rio, Gringo Cardia, yang bekerja sama dengan seniman jalanan Geleia de Rocinha, menyatakan mereka terinsipirasi hubungan antara para atlet dengan laut. 

Ketiga belas poster Olimpiade Rio adalah karya seorang seniman Kolombia, Olga Amaral, serta 12 orang seniman Brazil: Alexandre Mancini, Antônio Dias, Beatriz Milhazes, Claudio Tozzi, Ana Clara Schindler, Gringo Cardia, Gustavo Greco, Gustavo Piqueira, Guto Lacaz, Juarez Machado, Kobra dan Rico Lins.

Poster-poster Olimpiade Rio ditempatkan di museum di mana mereka pertama kali diperlihatkan pada publik hingga 22 Juli. Selanjutnya, mereka dipindahkan ke Deodoro, di bagian utara Rio, yang merupakan kumpulan lokasi Olimpiade terbesar kedua. Terakhir, mereka akan disimpan di area sekolah. —Rappler.com

Baca laporan Rappler tentang Olimpiade Rio 2016:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.